Sukses

Tidak Banyak yang Tahu, 4 Manfaat Menakjubkan yang Didapat dari Melamun

Ternyata tak selalu buruk, ini 4 manfaat dari melamun.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa disadari, melamun menjadi hal yang kerap dilakukan banyak orang setiap harinya. Melamun biasanya terjadi ketika pikiran seseorang terputus dengan lingkungan sekitar dan apa yang sedang dilakukannya. Pikiran tersebut kerap kali diisi oleh khayalan visual tentang berbagai hal.

Tentu saja melamun bisa membuat hal atau pekerjaan yang sedang dilakukan tertunda ya. Tidak banyak yang tahu, nyatanya melamun tidak sepenuhnya buruk. Setidaknya ada empat keuntungan yang bisa didapat ketika melamun. Dilansir dari Sweety High, Rabu (11/9/2019), berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kreativitas

Ketika melamun, kamu membiarkan otak untuk "berkelana" dan mengeksplor hal-hal baru. Ini membuatmu lebih kreatif dan bijak dalam menyelesaikan masalah di kehidupan nyata.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Stres

Melamun merupakan bentuk hipnosis yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kegelisahan. Ketika seseorang melamunkan, hal-hal positif seperti melamunkan jalan-jalan ke tempat favorit atau makan makanan yang lezat. Lamunan ini tentu bisa membantu membuat otak lebih rileks.

3 dari 4 halaman

3. Membantu Mempertajam Ingatan

Sebuah penelitian tahun 2012 menuliskan, melamun bisa membantu meningkatkan cara kerja otak, sehingga membuat seseorang lebih mudah mengingat banyak hal.

4 dari 4 halaman

4. Lebih Cerdas

Otak akan berada dalam kondisi "istirahat" ketika melamun dan membuatnya lebih efisien. Otak yang lebih efisien berarti memiliki lebih banyak kapasitas untuk berpikir. Tidak heran banyak ilmuwan yang dikatakan sering melamun, seperti contohnya Albert Einstein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.