Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Anda

Oleh Sulung Lahitani pada 09 Sep 2019, 19:08 WIB
Kulit Pisang

Liputan6.com, Jakarta - Pisang adalah salah satu buah tersehat yang bisa Anda makan karena mengandung protein, serat, vitamin A, B6, C, potasium, mangan, magnesium, folat, riboflavin, niasin, dan zat besi. Pisang juga mudah diolah.

Pada umumnya, kulit pisang dibuang begitu saja. Padahal, kulit pisang juga mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat tersebut seperti dilansir dari hhdresearch.org.

1. Menghilangkan rasa gatal

Kulit pisang dapat membantu menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga. Memijat benjolan digigit serangga dengan bagian dalam kulit pisang dapat memberikan efek tersebut. Cara ini juga diklaim bekerja pada ruam akibat poison ivy atau poison oak.

 

2 of 8

2. Membantu BAB teratur

Sulit BAB? Coba Pijat Bagian Tubuh Ini
Ilustrasi BAB. (Foto: Women's Health)

Salah satu cara terbaik agar BAB tetap teratur adalah memastikan Anda mendapatkan cukup serat. Tak hanya buahnya, kulit pisang juga menganding banyak serat.

Makan kulitnya bersama buahnya atau memblendernya. Jika tidak bisa memakan seluruh kulitnya, Anda dapat mengupas sebanyak mungkin bagian dalam kulitnya dan memakannya.

 

3 of 8

3. Memutihkan gigi

6 Makanan Ini Bisa Kuatkan dan Putihkan Gigi Anda
Ternyata, beberapa makanan di bawah ini memiliki kemampuan untuk menguatkan dan memutihkan gigi, penasaran? (iStockphoto)

Ada banyak cara memutihkan gigi dan kebanyakan menggunakan zat pemutih keras. Ketimbang itu, gunakan kulit pisang yang mengandung potasium alami.

Anda cukup menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigi setiap hari selama sekitar 2 minggu. Hasilnya akan muncul setelah dilakukan beberapa kali.

 

4 of 8

4. Menyehatkan kulit

Kulit Sehat
Membersihkan wajah menjadi ritual wajib bagi wanita sebelum tidur.

Kulit pisang mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kulit. Untuk mengurangi kerutan, cukup gosok kulit pisang langsung pada daerah yang diinginkan. Biarkan zatnya yang lengket selama sekitar 30 menit sebelum kemudian mencuci muka.

Untuk membuat kulit lembab, tumbuk kulitnya menjadi pasta, aduk dengan satu kuning telur, lalu oleskan campuran itu secara merata ke wajah dan/atau leher. Diamkan selama 5 menit lalu cuci bersih. Khasiat yang sama berlaku untuk menyembuhkan eksim, jerawat, dan psoriasis.

 

5 of 8

5. Membantu tidur lebih cepat

Atur Keadaan Kamar agar Tidur Lebih Nyaman
Ilustrasi (katemangostar/Freepik)

Ini merupakan bahan kimia alami yang mendukung kualitas tidur, sementara serotonin adalah bahan kimia perasaan enak yang membantu Anda rileks. Kulit pisang memiliki keduanya dalam jumlah yang cukup bagus.

Anda tak perlu memakan kulitnya begitu saja. Cukup menggosok bagian dalamnya di kulit kemudian dibilas atau memblendernya.

 

6 of 8

6. Melindungi mata

Kiat Mudah Wujudkan Mata Sehat (Makistock/Shutterstock)
Kiat Mudah Wujudkan Mata Sehat (Makistock/Shutterstock)

Zat dalam kulit pisang yang disebt lutein adalah antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang merusak serta melindungi mata dari radiasi UV berbahaya dari matahari. Mendapatkan cukup lutein setiap hari telah terbukti mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

 

7 of 8

7. Menurunkan kolestrol

[Bintang] Kurangi Konsumsi Karbohidrat! Lalu Nikmati 5 Hal Menakjubkan Ini
Selamat tinggal kolestrol tinggi!| via: bjjcaveman.com

Serat amat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kulit pisang mengandung lebih banyak serat daripada buahnya sendiri, jadi membuang kulitnya menghilangkan kesempatan berharga Anda meningkatkan asupan serat.

Serat larut mengurangi penyerapan kolestrol ke dalam aliran darah dengan mengikatnya di usus. Kolestrol kemudian keluar dari tubuh dalam limbah ketimbang tertinggal di tubuh dan menyumbat pembuluh darah.

8 of 8

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓