6 Cara Sederhana Mencegah Kerusakan Gigi dan Menyembuhkannya

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Sep 2019, 18:05 WIB
Adakah Vaksin Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut? (Flotsam/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Gigi sama seperti bagian tubuh lainnya, butuh perawatan dan perhatian yang tepat. Jika tak suka mengunjungi dokter gigi, Anda dapat mencoba mencegah kerusakan gigi sendiri.

Berikut ini beberapa trik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan gigi atau bahkan membalikkan gigi berlubang. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Bersihkan dan ganti sikat gigi secara teratur

Pilihlah selalu sikat yang kecil atau sedang, pastikan bulunya dapat menjangkau celah-celah geraham tempat sisa makanan bersembunyi.

Jangan gunakan penutup sikat gigi karena justru dapat melindungi mikroorganisme dan bakteri. Sebagai gantinya, cukup bilas sikat dengan air tiap habis dipakai, dan biarkan hingga kering. Jangan tinggalkan sikat gigi di toilet serta biasakan menggantinya secara teratur.

 

2 of 7

2. Mengunyah permen karet tanpa gula

Permen karet (iStock)
Ilustrasi permen karet (iStockphoto)

Siapa sangka mengunyah permen karet tanpa gula sebenarnya bisa membantu Anda mencegah kerusakan gigi. Kebanyakan perman karet tanpa gula mengandung xylitol.

Tidak seperti makanan, xylitol tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Plus, ketika Anda mengunyah, mulut Anda dipenuhi air liur yang secara alami dapat membersihkan sisa makanan.

 

3 of 7

3. Melakukan rutinitas perawatan gigi dasar

Sikat Gigi Bukan untuk Gusi
Foto Ilustrasi

Lakukan langkah-langkah ini di rutinitas perawatan gigi Anda di pagi hari dan sebelum tidur: sikat gigi selama dua menit setidaknya dua kali sehari; pakailah benang gigi; gunakan obat kumur.

 

4 of 7

4. Kunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

Kunjungan rutin ke dokter gigi mungkin bukan prosedur menyenangkan. Tapi lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Dokter gigi akan membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau atau luput dari perhatian Anda.

 

5 of 7

5. Mengubah kebiasaan makan

makan buah
Photo by Nathan Cowley from Pexels

Mengubah kebiasaan makan dan beralih ke diet sehat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Kurangi kebiasaan mengonsumsi gula dan pemanis buatan, konsumsi lebih banyak kalsium yang menjadi komponen penting tulang dan gigi. Makan produk susu tiap hari seperti susu, yogurt, dan keju.

 

6 of 7

6. Menambahkan suplemen dan vitamin ke dalam makanan

[Bintang] Cegah Penyakit, 9 Sumber Vitamin C Ini Patut Dikonsumsi
9 makanan ini penuh dengan vitamin C yang baik untuk tubuh! (Via: ocmedicare.com)

Untuk menambah air liur, konsumsi lebih banyak makanan kaya serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Makan gandum utuh dan makanan laut juga.

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓