Sukses

Viral Kosakata Bahasa Indonesia dan Portugis Mirip, Seperti Apa?

Pengaruh Portugis besar sehingga meninggalkan jejak di Indonesia, salah satunya adalah kata serapan.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan di Nusantara. Sebelum merdeka, Indonesia sempat menjadi tempat perdagangan yang didatangi dari negara-negara di seluruh dunia.

Negara dari benua Eropa yang pertama datang ke Indonesia adalah Portugis. Pengaruh Portugis besar sehingga meninggalkan jejak di Indonesia, salah satunya adalah kata serapan.

Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh berbagai bahasa dari negara yang berbeda-beda, seperti bahasa Portugis, Belanda, Inggris, hingga Arab. Akun Twitter @SBSRadio pada Kamis (29/8/2019), mengunggah video mengenai kesamaan beberapa kata dalam bahasa Portugis dan bahasa Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjadi Viral

Video tersebut diunggah kembali oleh akun Twitter @eveningfolks dan menjadi ramai. Unggahan @eveningfolks mendapatkan lebih dari 13 ribu likes dan lebih dari 11 ribu retweets setelah diunggah pada Senin (2/9/2019).

3 dari 5 halaman

Permainan Bahasa

Dalam video tersebut, terlihat seorang laki-laki asal Portugis bernama Jason Mathias bersama seorang wanita asal Indonesia bernama Tia Ardha melakukan ‘permainan’ bahasa. Mereka harus mengartikan kata-kata dalam bahasa Inggris yang diberikan ke dalam bahasa asli mereka.

4 dari 5 halaman

Banyak Kata-Kata yang Serupa

Kata-kata yang diberikan mulai dari lelang, bendera, sepatu, hingga jendela. Jason dan Tia tidak menyangka bahwa beberapa kata tersebut memiliki penyebutan yang serupa dalam bahasa Portugis dan Indonesia. Seperti bendera yang dalam bahasa Portugis disebut sebagai ‘bandeira’.

5 dari 5 halaman

Respons Warganet

“Ini efek jajahan gak, sih? Dulu kan Portugis pernah jajah Indonesia,” komentar akun @eveningfolks.

Tweetnya pun banyak direspons Warganet yang ikut menonton video tersebut.

“Ini namanya bahasa serapan, di indonesia buanyak serapan bahasa jepang/belanda/portugis ini. Malah kalau di indonesia timur, ada beberapa daerah yang setauku pada fasih pakai bahasa portugis,” sahut akun @Onychristy.

“Kalo pdkt sama orang Portugis jadi gampang nih guys,” tulis akun @Danildigoasinga.

“Nah sering nih aku nonton videonya. Kl indonesia sama portugis masih gak terlalu kaget.. yg plg kgt pas ada india sama korea bahasanya mirip,” kata akun @kamilahakmal. 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.