Viral Kosakata Bahasa Indonesia dan Portugis Mirip, Seperti Apa?

Oleh Liputan6dotcom pada 06 Sep 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2019, 11:36 WIB
SBS Radio

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan di Nusantara. Sebelum merdeka, Indonesia sempat menjadi tempat perdagangan yang didatangi dari negara-negara di seluruh dunia.

Negara dari benua Eropa yang pertama datang ke Indonesia adalah Portugis. Pengaruh Portugis besar sehingga meninggalkan jejak di Indonesia, salah satunya adalah kata serapan.

Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh berbagai bahasa dari negara yang berbeda-beda, seperti bahasa Portugis, Belanda, Inggris, hingga Arab. Akun Twitter @SBSRadio pada Kamis (29/8/2019), mengunggah video mengenai kesamaan beberapa kata dalam bahasa Portugis dan bahasa Indonesia.

2 of 5

Menjadi Viral

twitter @eveningfolks
twitter @eveningfolks

Video tersebut diunggah kembali oleh akun Twitter @eveningfolks dan menjadi ramai. Unggahan @eveningfolks mendapatkan lebih dari 13 ribu likes dan lebih dari 11 ribu retweets setelah diunggah pada Senin (2/9/2019).

3 of 5

Permainan Bahasa

Dalam video tersebut, terlihat seorang laki-laki asal Portugis bernama Jason Mathias bersama seorang wanita asal Indonesia bernama Tia Ardha melakukan ‘permainan’ bahasa. Mereka harus mengartikan kata-kata dalam bahasa Inggris yang diberikan ke dalam bahasa asli mereka.

4 of 5

Banyak Kata-Kata yang Serupa

Kata-kata yang diberikan mulai dari lelang, bendera, sepatu, hingga jendela. Jason dan Tia tidak menyangka bahwa beberapa kata tersebut memiliki penyebutan yang serupa dalam bahasa Portugis dan Indonesia. Seperti bendera yang dalam bahasa Portugis disebut sebagai ‘bandeira’.

5 of 5

Respons Warganet

Sudah Tahukan Kamu Netiquette Medsos?
Ilustrasi sosial media. (via: qureta.com)

“Ini efek jajahan gak, sih? Dulu kan Portugis pernah jajah Indonesia,” komentar akun @eveningfolks.

Tweetnya pun banyak direspons Warganet yang ikut menonton video tersebut.

“Ini namanya bahasa serapan, di indonesia buanyak serapan bahasa jepang/belanda/portugis ini. Malah kalau di indonesia timur, ada beberapa daerah yang setauku pada fasih pakai bahasa portugis,” sahut akun @Onychristy.

“Kalo pdkt sama orang Portugis jadi gampang nih guys,” tulis akun @Danildigoasinga.

“Nah sering nih aku nonton videonya. Kl indonesia sama portugis masih gak terlalu kaget.. yg plg kgt pas ada india sama korea bahasanya mirip,” kata akun @kamilahakmal. 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓