Sukses

Masalah Kesehatan, 7 Perubahan pada Tubuh Anda Ini Harus Diperhatikan

Beberapa masalah kesehatan terlihat seperti sesuatu yang sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa masalah kesehatan terlihat seperti sesuatu yang sederhana dan membuat Anda tidak berniat memeriksannya. Padahal, semakin dini seseorang mengetahui gejala awal suatu penyakit, semakin mudah perawatannya, dan dalam beberapa kasus ini dapat menyelamatkan hidupnya.

Berikut ini beberapa gejala yang mungkin merupakan indikasi sesuatu yang sangat serius. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Garis hitam pada kuku

Kuku seringkali dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan kita. Garis vertikal berwarna gelap di kuku dapat menjadi tanda melanoma. Jika Anda tidak ingat pernah melukai kuku atau ada penjelasan lain apa penyebabnya, pergilah ke seorang spesialis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Lidah berkerut

Lidah berkerut adalah situasi di mana ujung-ujung lidah terlihat seperti berkerut. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pembengkakan.

Pembengkakan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya dehidrasi. Namun, jika Anda mengalami gejala lain seperti sakit, kram, rambut rontok, dan memar, itu merupakan tanda gangguan tiroid.

 

3 dari 7 halaman

3. Kulit menggelap dan menebal

Jika Anda melihat bercak cokelat atau kuning yang sedikit bengkak, dan merasa kulit Anda menebal, apalagi ini terjadi di mana kulit Anda terlipat (bawah ketiak atau leher), jangan abaikan ini. Ini mungkin pertanda resitensi insulin dan Anda harus memeriksakan hal tersebut secepatnya. Ini dapat menjadi permulaan diabetes tipe 2.

 

4 dari 7 halaman

4. Jerawat di rahang dan dagu

Di bawah kulit, terdapat kelenjar kecil yang menghasilkan minyak alami untuk menjaga kulit dalam kondisi baik. Bila kelenjar-kelenjar itu menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang mampu ditangani kulit, pori-pori akan tersumbat.

Bagi wanita, jerawat di sepanjang garis rahang bisa menjadi pertanda ketidakseimbangan hormon. Pada pria, ini bisa terjadi saat testosteron terlalu banyak dihasilkan.

 

5 dari 7 halaman

5. Jerawat yang tak kunjung sembuh

Jika Anda memiliki jerawat kecil yang tidak hilang berminggu-minggu dan mudah berdarah, Anda harus memeriksanya. Itu bisa jadi pertanda karsinoma sel basal. Ini jenis kanker kulityang paling berisiko, tak menyebar, dapat diobati dengan cepat jika diagnosis lebih awal.

 

6 dari 7 halaman

6. Nyeri di jari

Jari yang menebal dan sensitif bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Ketika tumor paru-paru berkembang, mereka melepaskan beberapa bahan kimia ke dalam aliran darah yang merangsang pertumbuhan jaringan di bawah kuku dan ujung jari, menyebabkan rasa sakit. Jika Anda mengalami, segera memeriksakan sendiri.

 

7 dari 7 halaman

7. Lingkaran gelap di bawah mata

Lingkaran gelap ini biasanya merupakan hasil dari masalah gaya hidup. Ketika tak cukup tidur, diet yang buruk, gaya hidup tak sehat, jaringan lemak di sekitar mata mudah berubah dan kulit menjadi lebih tipis. Meski ini tidak butuh perhatian medis, ini adalah pertanda Anda harus memerhatikan kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.