Turun 35 Kg dalam Setahun, Warganet Ini Bagikan 5 Tips Diet yang Efektif

Oleh Liputan6dotcom pada 05 Sep 2019, 13:00 WIB
Netizen Ini Sebarkan 5 Tips Diet yang Efektif

Liputan6.com, Jakarta - Berat badan menjadi masalah besar bagi beberapa orang. Kesulitan menurunkan berat badan membuat beberapa orang mencari metode diet yang terbaik. Metode yang dipakai mulai dari mengurangi makan, tidak sarapan, diet mayo, dan lain-lain.

 

Salah satu netizen membagi pengalaman dietnya yang sukses melalui akun twitter @eyeshotca. Dalam utas yang ditulis pada Senin (2/9/2019), ia membagi tips supaya diet lebih efektif. Netizen yang akrab dipanggil dengan nama Caca ini mengatakan bahwa ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 35 kilogram dalam kurun waktu satu tahun.

2 of 8

Ubah Nasi Jadi Kentang

Kentang Goreng
Ilustrasi Kentang Goreng (iStockphoto)​

Caca membuka utasnya dengan menyebut kesuksesan dietnya dari 90 kg hingga sekarang menjadi 55 kg. Ia menekankan bahwa penurunan berat badannya merupakan murni hasil diet, bukan karena patah hati.

Caca menyebut bahwa diet dengan caranya dapat dimulai dengan mengganti nasi menjadi kentang di restoran cepat saji. Padahal jumlah kalori dari kentang di restoran cepat saji dapat dikatakan cukup besar.

iya bener (kalori kentang) gede tapi berawal dari sana gue jadi bisa kaya sekarang,” tulis Caca. Ia menjabarkan 5 tips diet untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan seperti dirinya.

3 of 8

1. Niat dan Konsisten

Ilustrasi Mengumpulkan Niat
Ilustrasi Mengumpulkan Niat (iStockphoto)

Caca menekankan bahwa niat, konsistensi, serta sikap disiplin adalah langkah pertama untuk melakukan diet. Menurut Caca, ketika tiga hal tersebut sudah dikuasai maka proses diet akan lebih bisa dinikmati.

kl gak enjoy yg ada bakal bikin lo stress yg berujung gagal dan balik lg ke pola hidup lo yg awal makan sembarangan,” ujar akun @eyeshotca.

Ia menekankan bahwa ketika kita tidak menikmati proses diet, maka pada akhirnya kita akan mementingkan nafsu. Hal tersebut membuat kita menjadi makan berlebihan dan menjadi timbunan lemak.

4 of 8

2. Mulai dari Hal Kecil

twitter @eyeshotca
twitter @eyeshotca

Dalam twitternya ia mengatakan bahwa diet bukanlah sebuah proses yang instan. Mengubah menu nasi menjadi kentang merupakan salah satu hal kecil yang Caca lakukan ketika memulai diet. Tetapi, ia menegaskan bahwa tidak hanya dengan cara tersebut lalu berat badan Caca turun seketika.

inget diet itu ada proses nya gak bisa instan yg bisa lgsg kurus tiba2 setelah nasi lo ganti jadi kentang,” kata Caca.

5 of 8

3. Pola Makan

twitter @eyeshotca
twitter @eyeshotca

Pola makan merupakan salah satu hal kecil yang disebut oleh Caca. Ia menjabarkan pola makannya ketika memulai proses diet. Caca selalu makan tiga kali sehari yaitu pada pagi, siang, dan malam hari.

- Pagi: Menurut Caca, sarapan pagi sangat penting. Ia mengatakan bahwa sangat salah bila seseorang tidak melakukan sarapan karena ingin kurus. Tubuh membutuhkan energi dan nutrisi untuk melakukan aktivitas dari pagi hari. Selain itu, menghindari sarapan dapat membuat anda jadi makan lebih banyak di siang hari. Sarapan dilakukan antara pukul 7.00-10.00 pagi.

- Siang: Setelah beraktivitas dari pagi hari, tubuh kembali membutuhkan energi dan nutrisi. Caca menyarankan pembacanya untuk lebih banyak memakan protein dan serat dari sayuran pada siang hari. Hal itu dilakukan agar perut tidak cepat lapar di sore hari. Makan siang dapat dilakukan antara pukul 12.00-14.00.

- Malam: Beberapa orang menghindari makan malam karena takut menambah berat badan. Menurut Caca, pemikiran tersebut adalah kesalahan besar. Makan malam dapat dilakukan sebelum pukul 20.00.

HAHAHAH SALAH BESAR (makan malam membuat gendut) lo gak akan gendut cuma krn makan malem doang,” tulisnya.

6 of 8

4. Menu Makan

Ilustrasi Menu Makanan
Ilustrasi menu makanan (Foto: iStockphoto)

Melalui thread tersebut, Caca juga membagi menu makan yang ia konsumsi untuk menurunkan berat badan. Ia mengatakan bahwa cara dietnya ini belum tentu cocok untuk semua orang. Menu makan beragam ia sebutkan dari sarapan hingga makan malam.

- Pagi: Wajib diawali dengan air putih. Kemudian konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti pepaya, apel, dan pir. Setelah itu makan roti gandum, telur, dan susu rendah lemak. Menurut Caca, dengan mengonsumsi menu tersebut, maka perut dapat kenyang hingga siang hari.

- Siang: Caca menyebutkan tiga pilihan makanan berprotein yaitu dada ayam (bebas dimasak), ikan nila (dicampur dengan sayuran), dan cumi asin atau asam manis. Pilih satu dari tiga makanan berprotein tersebut. Kemudian ditambah dengan sayuran yang direbus atau ditumis dengan minyak secukupnya. Lalu juga dimakan dengan kentang rebus atau nasi merah sebagai karbohidrat.

Caca mengatakan bahwa untuk makan siang ia selalu memakan kerupuk, tetapi tidak terlalu banyak. Kerupuk adalah makanan berminyak yang mengandung cukup banyak lemak.

- Malam: Menu makan malam Caca lebih berfokus kepada protein karena disandingkan dengan olahraga di malam hari. Dengan cara memilih salah satu antara dada ayam (bebas dimasak tanpa kulit) atau ikan nila (dimasak dengan campuran sayuran). Kemudian ia juga memakan buah-buahan sebagai pengganti camilan.

7 of 8

5. Minum yang Banyak

twitter @eyeshotca
twitter @eyeshotca

Akun twitter @eyeshotca kembali menekankan bahwa minum dipagi hari sangat penting. Selain itu, banyak minum dari pagi hingga malam hari juga diwajibkan. Bahkan Caca sempat minum hingga 3-4 liter per hari.

“tapi lo juga harus siap beser2 🤣” tutur Caca.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

8 of 8

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓