Tidak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Kapur Tulis untuk Kehidupan Sehari-hari

Oleh Camelia pada 04 Sep 2019, 14:00 WIB
kapur

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, penggunaan kapur untuk menulis di papan tulis banyak digantikan oleh spidol.

Hal ini lantaran spidol dianggap lebih praktis dan bersih. Namun tak banyak yang tahu, selain untuk menulis di papan tulis nyatanya kapur memiliki beragam manfaat lain lo.

Kapur ternyata bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan rumah sehari-hari. Tak hanya menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat uang dengan menggunakan kapur.

Dikutip dari Brightside, Rabu (4/9/2019), setidaknya ada 5 manfaat dari kapur yang tak banyak diketahui.

1. Hilangkan Noda Membandel di Baju

 

Noda Oli di Baju
Cara menghilangkan noda oli di Baju. (skinnypoints)

Kamu tentu sering jengkel lantaran noda membekas pada baju yang tak kunjung hilang, bukan? Jangan khawatir, kamu bisa coba untuk gosokkan kapur pada bekas noda di pakaian tersebut dan tunggu hingga 10 menit.

Kapur bisa menyerap minyak pada noda dan menghilangkannya dengan mudah.

2 of 6

2. Menjaga Perhiasan Tetap Mengkilap

Kepribadian dari perhiasan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kamun bisa memanfaatkan kapur untuk membuat perhiasan tetap mengkilap dan mencegahnya berubah menjadi kehitaman. Caranya cukup meletakkan kapur di dalam kotak perhiasan.

3 of 6

3. Mencegah Jamur dan Bau Apek Pada Baju

Ilustrasi
Ilustrasi baju bekas. (dok. pexels.com/mentatdgt)

Tidak ingin pakaian di dalam lemari berjamur dan bau apek? Letakkan beberapa kapur pada lemari pakaian. Kapur akan menyerap jamur dan bau apek yang ada di lemari.

4 of 6

4.Mencegah Karat

Cara Menghilangkan Karat
Cara Menghilangkan Karat (sumber: Michal Jarmoluk/Pixabay)

Kamu tentu jengkel ketika melihat gunting, pisau atau obeng berkarat ya. Namun jangan khawatir, selama ada kapur, semua benda-benda berbahan metal milikmu akan aman dari karat. Caranya masih sama yaitu letakkan kapur di dalam kotak penyimpanan perkakas yang kamu miliki.

5 of 6

5. Mencegah Serangga

Ilustrasi Serangga
Ilustrasi Serangga (iStockphoto)​

Tahukah kaMU, semut dikatakan takut dengan kapur. Jadi jika kamu ingin terhindar dari semut dan serangga lainnya, gambarlah garis dengan menggunakan kapur di beberapa sudut rumah.

Kamu juga bisa melakukannya di pintu, kaca, dapur, dan beberapa tempat lainnya yang bisa dijangkau oleh serangga untuk masuk ke rumah.

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by