Catat, Ini 5 Kriteria yang Harus Dimiliki Seorang Sahabat Sejati

Oleh Liputan6dotcom pada 05 Sep 2019, 10:00 WIB
sahabat

Liputan6.com, Jakarta - Persahabatan sangat penting bagi setiap individu. Memiliki sahabat berarti mempunyai teman dekat yang saling memperhatikan satu sama lain dan saling mendukung.

Penelitian yang dilakukan Julianne Holt-Lunstad di Universitas Brigham menemukan bahwa manusia yang memiliki kelompok pertemanan yang kuat memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Penelitian di Universitas Northern Illinois menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki banyak teman akan cenderung merasa lebih cemas selama masa transisi perpindahan dari rumah ke universitas.

Sementara penelitian di Universitas Seoul mengatakan bahwa orang yang memiliki sahabat di tempat kerja memiliki kinerja yang lebih baik. Persahabatan yang baik sendiri memiliki beberapa kualitas, seperti yang dilansir dari Telegraph, Rabu (4/9/2019).

2 of 7

1. Saling Menjaga

teman
ilustrasi persahabatan/copryight Pexels

Pertama persahabatan biasanya akan menjaga satu sama lain. Ketika dua atau lebih orang saling bersahabat, maka mereka akan merasa didukung serta diperhatikan. Sebaliknya, mereka akan memperhatikan sahabat mereka dengan tulus.

3 of 7

2. Kepercayaan

Sahabat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kedua, persahabatan membutuhkan kepercayaan. Persahabatan yang baik harus dapat saling mengandalkan satu sama lain. Bukan hanya percaya, namun kejujuran juga menjadi poin penting sehingga kepercayaan dapat terjaga dengan baik.

4 of 7

3. Komitmen

Ilustrasi persahabatan
Ilustrasi persahabatan. Dok: theconversation.com

Ketiga adalah komitmen. Ketika dua atau lebih orang bersahabat, maka mereka harus rela untuk meluangkan waktu untuk sahabatnya.

Meluangkan waktu membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Bahkan kadang butuh ada sesuatu yang dikorbankan seperti janji dengan orang lain dan sebagainya. Hubungan membutuhkan usaha tersebut agar tetap terjaga.

5 of 7

4. Keseimbangan

[Fimela] Ilustrasi Sahabat
Ilustrasi Persahabatan | unsplash.com

Keempat, keseimbangan antara setiap individu. Memberi dan menerima menjadi hal yang tidak lepas dari hubungan persahabatan.

Sahabat saling memberi satu sama lain, kemudian mereka juga saling menerima berbagai hal. Meskipun kadang salah satu pihak meminta lebih, seiring waktu akan menjadi setimpal.

6 of 7

5. Saling Menopang dan Memberi Penghargaan

Ilustrasi sahabat
Kenali sahabat sejati dengan 8 cara ini

Kelima, hubungan harus saling menopang dan memberi penghargaan. Dengan terus mendukung serta memuji, maka persahabatan yang terjalin akan lebih bersemangat dan positif. Persahabatan seperti ini akan menciptakan kondisi yang baik bagi setiap individunya dalam menjalani kehidupan.

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓