Sukses

Kurangi Sampah, Perusahaan Ini Buat Mangkuk dari Gandum yang Bisa Dimakan

Produsen piring asal Polandia ini membuat piring ramah lingkungan yang bisa dimakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik memang marak dilakukan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, aktivis lingkungan, hingga restoran.

Hal tersebut dilakukan lantaran sampah plastik di seluruh dunia semakin menumpuk dan penguraiannya memakan waktu sangat lama. Pengurangan penggunaan plastik dapat dilakukan dengan tidak memakai barang berbahan plastik, atau mengganti bahan plastik.

Peralatan makan yang biasanya dipakai pada acara festival sudah menggunakan piring kayu atau kertas yang mudah terurai.

Tetapi sendok dan garpu plastik masih sering dipakai. Uniknya, salah satu pabrik peralatan makan di Polandia membuat inovasi yang dapat menjadi salah satu solusi bagi masalah sampah plastik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kulit Gandum

Dilansir dari Metro, Senin (2/9/2019), Biotrem adalah perusahaan yang memproduksi piring yang terbuat dari wheat bran atau kulit gandum alami dan sedikit air.

Piring milik Biotrem ini mampu menyajikan makanan dingin hingga panas. Bahkan piring ini dapat digunakan untuk oven dan microwave. Selain itu, piring ini juga dapat dimakan setelah hidangan habis disantap.

3 dari 5 halaman

Kambing dan Kuda Makan Piring Biotrem

Biotrem dalam akun Instagram-nya dengan nama @biotrem_eu memperlihatkan kuda dan kambing memakan piring ramah lingkungan ini. Ditengah rerumputan hijau, kambing tersebut memilih untuk makan piring buatan Biotrem.

“Piring kulit gandum sekali pakai jauh lebih baik daripada kertas atau plastik sekali pakai! Percaya padaku, aku adalah seekor kambing,” keterangan yang tertulis dalam unggahan tersebut.

4 dari 5 halaman

Memasak Pizza

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BIOTREM (@biotrem_eu) on

Akun tersebut juga menunjukkan demo memasak beberapa menu makanan menggunakan piring dan mangkok unik itu. Salah satu masakannya adalah pizza.

Terlihat bahwa mangkok yang terbuat dari gandum ini tahan ketika digunakan untuk memanggang dalam oven.  

5 dari 5 halaman

Ramah Lingkungan

Selain piring dan mangkuk, perusahaan itu juga memproduksi alat makan lain seperti sendok dan garpu. Tetapi sendok dan garpu itu tidak dapat dimakan karena masih mengandung plastik biodegradable.

Tetapi sendok dan garpu itu terjamin ramah lingkungan. Perusahaan itu menyediakan piring berbagai ukuran, mangkuk bundar, dan mangkuk oval yang akan terurai dalam waktu 30 hari.

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.