Sukses

Tak Selalu Buruk, Ini 3 Manfaat yang Kalian Dapat Saat Bersedih

Tak banyak yang tahu ternyata alami kesedihan juga bisa memberikan dampak positif loh.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang baik pria, wanita, tua dan muda, tentu pernah merasakan kesedihan. Banyak yang beranggapan bahwa rasa sedih memberikan begitu banyak pengaruh buruk kepada seseorang yang merasakannya.

Padahal tak selamanya buruk loh, nyatanya ada pula manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kesedihan. Dilansir dari greatergood.berkeley.ed oleh Fimela, suasana hati yang kurang baik atau kesedihan ternyata juga mengandung manfaat sendiri.

Joseph P. Forgas, Ph.D., profesor dari University of New South Wales, Sydney, Australia mengungkapkan beberapa manfaat yang kalian dapat saat merasa sedih.

Meningkatkan Daya Ingat

Mungkin banyak yang tak tahu bahwa rasa sedih bisa meningkatkan daya ingat. Saat sedang bersedih, kita akan lebih fokus memperhatikan hal-hal detil. Seperti contohnya hal-hal yang sering kalian lakukan bersama sang mantan kekasih. Kesedihan yang mengikuti memori atau ingatan tersebut bisa memperkuat ingatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan motivasi

Tanpa kalian sadari kesedihan bisa menjadi sinyal peringatan yang mendorong kita untuk melakukan lebih banyak usaha dan meningkatkan motivasi untuk menghadapi tantangan. Saat sedang bersedih, kalian akan merasakan dorongan yang membuat kita ingin mengubah kondisi buruk menjadi lebih baik.

3 dari 3 halaman

Meningkatkan Interaksi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Joseph P. Forgas menemukan bahwa orang yang suasana hatinya buruk bisa lebih persuasif dan membuat argumen yang lebih efektif. Orang yang sedang bersedih lebih mudah meyakinkan orang lain dibandingkan orang-orang yang suasana hatinya sedang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.