Sukses

Ajak Ice Breaking Kreatif, Guru Ini Bikin Siswa Enggak Bosan Belajar

Guru bernama Muhammad Azis mengajak siswanya bermain petunjuk sehingga pembelajaran tidak membosankan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sekadar mengajar, guru tampaknya memang perlu membuat suasana belajar lebih mengasikan. Hal itu pun dilakukan seorang guru di SMAN 1 Godean, Muhammad Azis Fajri.

Guru mata pelajaran agama itu membuat ice breaking yang unik. Cara kreatif guru itu pun dibagikan salah satu siswanya melalui akun Twitter @potekboiii.

Saat pelajaran, tiba-tiba Azis bercerita dan meminta siswa mengecek kursi. Lalu mereka mendapatkan selembar kertas.

Mereka pun diminta membuka kertas itu. Ada tulisan di sana. Beberapa kalimat soal teman dan sahabat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bermain petunjuk

Selanjutnya, bagi mereka yang mendapatkan kertas bertanda bintang, mereka diminta hompimpa. Siapa yang berbeda, akan diberi petunjuk pertama.

Petunjuk pertama: cari sesuatu di penunjuk waktu kelas. Petunjuk selanjutnya pun ditemukan. Hingga petunjuk terakhir, motor.

Berpikir itu tidak mungkin motor milik orang lain, siswa itu pun mengecek motor milik gurunya. Setelah bertanya ke satpam, siswa itu pun menuju ke tempat motor gurunya terparkir.

3 dari 5 halaman

Hadiah untuk sekelas

Setelah dicek, siswa itu menemukan dua dus makanan ringan. Makanan itu pun dibagikan untuk satu kelas.

Meski tampak sederhana, kegiatan semacam itu membuat kegiatan di sekolah menjadi lebih menarik. "Pokoknya bikin murid-muridnya jadi mencintai pelajaran agama. Salut banget pokoknya," tulis pemilik akun @potekboiii, salah satu siswa yang mengikuti permainan itu.

4 dari 5 halaman

Ide dari buku

Menurut penuturan Azis, hal itu sebenarnya telah dilakukannya setahun lalu. Namun, di kelas yang berbeda.

"Nggak terlalu sering juga, kadang masih menyesuaikan materi yang diajar," aku Azis ketika dihubungi Citizen6-Liputan6.com, Jumat (30/8/2019).

Ide cara unik itu didapatnya dari novel, serial fiksi, dan film. "Tapi kebanyakan dari buku sih memang. Contohnya buku Rindu- karya Tere liye (saat sesi pembelajaran di atas kapal), sama buku Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle," katanya.

5 dari 5 halaman

Kata warganet

Cerita yang dibagikan akun @potekboiii di Twitter, itu pun menarik perhatian warganet. Hingga Jumat (30/8/2019), unggahan itu telah disukai lebih dari 8,7 ribu kali. Banyak warganet yang merespons dan merasa ingin memiliki guru dengan metode kreatif semacam itu.

Ada juga warganet yang membagikan pengalamannya ketika sekolah. Beberapa sempat merasakan pula cara unik guru untuk menghidupkan suasana kelas. Namun, ada juga yang malah merasakan hal sebaliknya.

Selain itu, tentunya cara unik Azis menginspirasi warganet. Hal itu salah satunya dituliskan pemilik akun @sisayangnana, "Ilmunya bisa banget nih buat calon guru-guru yang akan datang, biar nantinya pelajaran gak ngebosenin."

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.