Sukses

Jangan Abaikan, 5 Tanda Pada Tubuh Bisa Jadi Gejala Penyakit

Berikut beberapa tanda yang mungkin merupakan indikasi sesuatu yang sangat serius terjadi pada tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa masalah kesehatan bisa terlihat dari sesuatu yang sederhana dan tidak perlu memeriksakannya ke medis, jika pada tahap awal.

Dokter mengatakan bahwa semakin dini orang mengetahui tentang masalah pada tubuhnya, semakin mudah juga untuk perawatannya. Dalam beberapa kasus, diagnosis dini sebenarnya dapat menyelamatkan hidupmu.

Nah, berikut beberapa tanda yang mungkin merupakan indikasi sesuatu yang sangat serius terjadi pada tubuhmu, seperti melansir Bright Side, Jumat (30/8/2019).

1. Garis Hitam pada Kuku

Kuku seringkali dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan seseorang. Beberapa individu secara alami memiliki kuku yang sangat tebal atau tipis, tapi jika kamu melihat adanya perubahan pada struktur atau warnanya, kamu harus memeriksanya.

Garis vertikal gelap adalah salah satunya dan itu menjadi tanda melanoma. JIka kamu tidak ingin menyakiti kukumu atau tidak memiliki penjelasan mengapa kukumu berdarah atau tidak tahu apa yang menyebabkan garis gelap, itu pasti harus diperiksa seorang spesialis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Area Kulit Terlipat Menghitam

Jika kamu melihat bercak cokelat atau kuning seperti bengkak dan terasa seperti beludru muncul di area di mana kulit kamu terlipat, di bawah ketiak atau leher, jangan diabaikan.

Itu mungkin pertanda resistensi insulin dan kamu harus memeriksakkannya lebih cepat daripada nanti. Ini bisa menjadi bagian dari kondisi di mana tubuh tidak merespon insulin seperti seharusnya dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

3 dari 5 halaman

3. Jerawat pada Rahang dan Dagu

Di bawah kulit, kita memiliki banyak kelenjar kecil yang menghasilkan minyak alami untuk menjaga kulit kita dalam kondisi baik dan minyak pada tubuh bergerak melalui pori-pori.

Karena suatu alasan, kelenjar-kelenjar ini menghasilkan lebih banyak minyak daripada yang bisa ditangani kulit kita, pori-pori tersumbat.

Bagi wanita, memiliki jerawat di sepanjang garis rahang bisa menjadi pertanda ketidakseimbangan hormon-ketika terlalu banyak hormon pria, testosteron, diproduksi, itu merangsang kelenjar minyak ini.

4 dari 5 halaman

4. Nyeri Jari

Jari yang menebal dan sensitif bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Ketika tumor paru-paru berkembang, mereka melepaskan beberapa bahan kimia ke dalam aliran darah yang merangsang pertumbuhan jaringan di bawah kuku dan di ujung jari, menyebabkan rasa sakit.

Jika kamu mengalami penebalan dan pembekakan pada jari-jarimu, coba periksa ke dokter.

5 dari 5 halaman

5. Lingkar Gelap Bawah Mata

Lingkar gelap pada bawah mata biasanya merupakan hasil dari masalah gaya hidup. Ketika individu tidak cukup tidur, melakukan diet yang buruk atau gaya hidup yang tidak sehat, jaringan lemak di sekitar mata kita berubah dan kulit kita menjadi tipis.

Meskipun bintik-bintik gelap ini umumnya tidak memerlukan perhatian medis, tapi kamu perlu lebih baik untuk merawat diri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.