Bukan untuk Bersihkan Telinga, Ini 6 Kegunaan Sebenarnya Korek Kuping

Oleh Liputan6dotcom pada 30 Agu 2019, 16:00 WIB
Bukan Pembersih Telinga, Ini 6 Kegunaan Lain Cotton Bud

Liputan6.com, Jakarta - Cotton bud atau korek kuping dikenal untuk membersihkan telinga, meski hal itu juga bisa berbahaya. Selain membersihkan telinga, Anda juga bisa menggunakannya untuk hal lain.

Ada beberapa kegunaan dari benda yang disebut cotton bud, cotton swab, atau kapas itu. Benda kecil yang ringkas itu bermanfaat bagi keseharian.

Seperti melansir dari eHow, Jumat (30/8/2019), berikut beberapa kegunaan lain korek kuping.

1. Merapikan lipstik

Jika Anda pengguna pewarna bibir, tips ini bisa Anda coba. Cotton bud bisa membantu Anda merapikan lipstik Anda.

Caranya, rapikan tepi bibir dengan cotton bud hingga seperti bentuk bibir yang diinginkan.

 

2 of 7

2. Parfum portabel

Bukan Pembersih Telinga, Ini 6 Kegunaan Lain Cotton Bud
Ilustrasi cotton bud (Freepik)

Jika Anda bepergian menggunakan pesawat atau pergi ke beberapa tempat, Anda mungkin tidak bisa membawa parfum dalam botol. Namun, Anda bisa mengakalinya. Salah satunya menggunakan korek kuping.

Caranya, semprot atau celupkan kedua sisi kapas dengan parfum atau minyak esensial kesukaanmu. Lalu simpan dalam plastik atau tempat yang mudah dibawa. Ketika ingin digunakan, oleskan ke bagian tangan, leher, atau bagian lainnya.

3 of 7

3. Mengatasi ritsleting macet

Cara Cerdas Atasi Ritsleting yang Rusak
Ada beberapa cara jitu yang bisa dicoba saat ritsleting pada baju, jaket atau tas Anda bermasalah. (Foto: Instagram/@5.min.crafts)

Tanpa terduga, ritsleting tas, dompet, atau jaket bisa macet dan sulit dibuka. Memaksanya bisa malah membuat ritsleting rusak. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cotton bud dan pelembab bibir.

Caranya, olesi kapas dengan pelembab bibir, losion, atau bahan serupa. Gosokkan kapas yang telah dilumasi ke bagian ritsleting yang macet. Lakukan beberapa kali hingga cukup terlumasi, lalu tarik ritsleting secara perlahan.

4 of 7

4. Merapikan kuteks

Kutek Merah
Ilustrasi kuteks. (Sumber: Elle)

Bagi Anda yang melakukan manikur dan pedikur sendiri, tips ini bisa Anda coba. Itu misalnya ketika Anda menggunakan kuteks, terkadang hasilnya tidak rapi. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cotton bud. Apalagi untuk bagian-bagian detil.

Caranya, celupkan cotton bud ke dalam cairan pemberih kuteks (aseton). Oleskan ke bagian yang ingin dirapikan atau dibersihkan.

5 of 7

5. Eyeshadow portable

Cara Memakai Eyeshadow 2 Warna
Ilistrasi (sumber: iStock)

Ketika Anda keluar dan perlu touch up eyeshadow sewaktu-waktu, tapi tidak ingin membawa palet eyeshadow, tips ini mungkin bisa bermanfaat. Anda bisa membuat eyeshadow yang lebih ringkas dibawa. Konsepnya mirip dengan parfum portabel.

Caranya, oleskan warna yang Anda butuhkan ke cotton bud dan simpan di plastik. Aplikasikan ketika dibutuhkan.

6 of 7

6. Membersihkan sela keyboard

Fungsi Tombol Keyboard
Ilustrasi keyboard (sumber: iStock)

Sela-sela keyboard atau papan tik laptop atau komputer bisa sulit dilakukan. Salah satu solusinya bisa menggunakan cotton bud.

Caranya, cukup bersihkan cotton bud ke bagian sela-sela papan tik hingga debu dan kotoran terangkat. Anda juga bisa mencelupkan cotton bud ke air terlebih dahulu, tapi perlu hati-hati agar air tidak masuk ke dalam papan tik.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓