Penuhi Janji Mendiang Ibu, Bocah 8 Tahun Mendaki Gunung Tertinggi di Taiwan

Oleh Liputan6dotcom pada 29 Agu 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 29 Agu 2019, 16:00 WIB
Penuhi Janji, Anak Mendaki Gunung dan Bawa Foto Ibunya
Perbesar
Tsou Tse Kang (8) di puncak Gunung Jade (Yu Shan) membawa foto ibunya. Itu dilakukan untuk memenuhi janjinya. (Sumber: Pixnet dan Facebook Tsou Ping Wei)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, kenangan dan janji bersama orangtua sulit dilupakan. Begitu pun awal mula kisah seorang anak berusia delapan tahun, Tsou Tse Kang.

Demi memenuhi janji bersama ibunya, anak itu mendaki Gunung Jade (Yu Shan), gunung tertinggi di Taiwan sembari membawa foto ibunya. Bersama ayahnya, anak itu mendaki gunung pada 18-20 Agustus 2019.

Kisah pendakian itu pun dibagikan di Facebook dan Pixnet. Berbagai media seperti World of Buzz dan Mothership pun menuliskannya. Namun, tampaknya kisah itu bukan hanya soal pendakian, tapi juga bagaimana perjuangan dan ikatan anak dengan orangtua.

2 dari 6 halaman

Janji ibu dan anak

Penuhi Janji, Anak Mendaki Gunung dan Bawa Foto Ibunya
Perbesar
Keluarga Tsou. (Sumber: Facebook Tsou Ping Wei)

Seperti melansir dari tulisannya di Pixnet dan Facebook, Kamis (29/8/2019), rencana pendakian itu bermula beberapa tahun silam, ketika Tsou masih berusia 4 tahun. Saat itu, ibunya sering bercerita kepadanya.

Cerita itu tertanam pada diri si anak. Tsou menyampaikan keinginan kepada ibunya untuk berdiri di titik tertinggi Taiwan untuk melihat dunia.

Mereka pun berjanji untuk mendaki bersama. Namun sayang, janji itu belum sempat terpenuhi karena kaki ibunya sakit. Ibunya pun berkata, Tzou bisa mendaki dan melihat sekitar di masa depan dengan membawa benda milik ibunya.

Hal menyedihkan terjadi, ibunya meninggal. Namun, Tsou tak melupakan janji antara dirinya dengan ibunya itu. Dia tetap ingin mendaki.

3 dari 6 halaman

Persiapan

Penuhi Janji, Anak Mendaki Gunung dan Bawa Foto Ibunya
Perbesar
Tsou Ping Wei (kiri) dan Tsou Tse Kang (kanan). (Sumber: Pixnet/Tsou Ping Wei)

"Anakku meminta (mendaki gunung), dan bersikeras mendaki hingga ke puncak Yushan," kata ayahnya, Tsou Ping Wei (44), ketika dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Kamis (29/8/2019).

Ayahnya pun memutuskan untuk mengajaknya mendaki. Satu tahun mereka mempersiapkan untuk pendakian itu.

Persiapan memang panjang, tapi tak ada rasa khawatir di pikiran Tsou Ping Wei. "Tidak (khawatir), karena istriku akan menjaga kami dan memenuhi keinginan mereka," yakinnya.

4 dari 6 halaman

Perjalanan

Penuhi Janji, Anak Mendaki Gunung dan Bawa Foto Ibunya
Perbesar
Perjalanan menuju Gunung Jade (Yu Shan), Agustus 2019. Saat itu hujan sempat turun. (Sumber: Pixnet/Tsou Ping Wei)

Rencananya mereka akan mulai pendakian pada 17 Agustus. Namun, cuaca buruk yang tidak stabil membuat pendakian tertunda.

Keesokan harinya, mereka akhirnya mulai pendakian. Itu bukan hal mudah. Apalagi untuk anak usia 8 tahun, ketinggian gunung yang lebih dari 3000 meter (sekitar 3.952 mdpl) membuatnya lebih rentan.

21,8 km pun bukan jarak yang pendek dengan ketinggian Gunung Jade. Di perjalanan, mereka pun sempat merasakan hal sulit seperti turunnya hujan hingga Tsou Tse Kang yang mengalami pusing dan mual.

5 dari 6 halaman

Di puncak bersama ayah dan ibu, janji terpenuhi

Penuhi Janji, Anak Mendaki Gunung dan Bawa Foto Ibunya
Perbesar
Tsou Tse Kang (8) di puncak Gunung Jade (Yu Shan) membawa foto ibunya. (Sumber: Pixnet/Tsou Ping Wei)

Namun semangat Tzou tak patah. Begitu pun dengan ayahnya. Setelah ditangani, Tsou dan ayahnya kembali mendaki.

Akhirnya, mereka mencapai puncak Gunung Jade. Kegembiraan mereka meluap. Meski pemandangan sekelilingnya tertutup awan sehingga tak bisa melihat-lihat, itu tak menyurutkan kebahagiaan.

Di puncak gunung, Tsou lalu mengeluarkan foto mendiang ibunya. Tsou berkata, "Bu, kami mencapai puncak, aku membawamu bersama ke puncak Yushan!"

Janji itu terpenuhi di hari ke-591 kematian ibunya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓