Joko Anwar Bongkar Proses Pembuatan Musik Gundala, Cuma 3 Hari

Oleh Liputan6dotcom pada 27 Agu 2019, 16:00 WIB
[Fimela] Joko Anwar

Liputan6.com, Jakarta Selain visual dan dialog, musik adalah salah satu elemen terkuat pada film. Musik dapat membantu penonton film untuk lebih masuk ke dalam adegan yang disuguhkan. Musik dapat menggambarkan suasana dan perasaan dari suatu film.

 

Gundala adalah salah satu film superhero Indonesia yang akan keluar pada tanggal 29 Agustus 2019. Promo yang gencar dari seluruh orang yang berkontribusi dalam pembuatan film Gundala terus dilakukan. Pada Senin (26/8/2019), sutradara film Gundala, Joko Anwar, membongkar proses terciptanya musik tema dari film patriot pertama tersebut.

2 of 5

Chat di Whatsapp

Twitter @jokoanwar
Joko Anwar mengunggah proses pembuatan musik tema Gundala (twitter: @jokoanwar)

Dalam video yang ia unggah di akun twitter @jokoanwar, ia memperlihatkan obrolannya dengan komposer film Gundala, Aghi Narottama. Obrolan melalui chat di whatsapp tersebut direkam oleh Joko Anwar. Obrolan tersebut telah terjadi lebih dari setahun lalu, lebih tepatnya sejak 23 Juni 2018.

3 of 5

'Pesanan' Musik

Aghi Narottama
Aghi Narottama, komposer musik untuk film Gundala

“Brooo… Nanti tolong coba ini buat theme Gundala ya Bro,” ujar Joko kepada Aghi melalui whatsapp pada 23 Juni 2018, setelah mengirimkan rekaman suara yang berisi suara Joko menggumamkan ide melodi untuk musik tema untuk Gundala.

“siaaappp,” jawab Aghi. Joko kemudian mencoba untuk memastikan bahwa melodi yang ia buat belum pernah dipakai dalam film manapun. Komposer yang juga membuat musik untuk film Pengabdi Setan itu pun mengiyakan.

4 of 5

Musik Jadi Dalam 3 Hari

Musik Gundala
Musik tema Gundala di Spotify

Kemudian pada 27 Juni 2018, Aghi Narottama langsung mengirimkan musik yang telah ia buat, sesuai dengan pesanan Joko Anwar. Kemudian terdengarlah musik tema dari film Gundala yang dapat didengar penonton melalui Spotify. Musik tema Gundala juga menjadi musik latar di trailer film Gundala.

5 of 5

Antusiasme Netizen

Film Gundala telah ditunggu-tunggu oleh warganet sejak berbulan-bulan lalu. Unggahan Joko Anwar yang memperlihatkan caranya ‘memesan’ musik tema Gundala ini pun membuat warganet semakin penasaran.

“ga sabar gw bang, dah beli tiket hari pertama 😭” - @ngurahsaka

“Coba gebetan gue pinter begini, ngerti maksut apa yang gue bilang 😭😭” - @annisamayangih

“Om Jokan emang paling jago jualan, nggak perlu pake sensasi gosip.. konten marketingnya👍 dari mulai pengabdi setan sampe gundala ini” -bambangsarlito

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓