Sukses

Tegakkan Peraturan, Motovlogger Nyaris Dikeroyok Pengendara Lawan Arus

Motovlogger dibela warga saat menegur pelanggar lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Motovlog atau video blog keseharian pengendara motor semakin banyak diminati masyarakat sehingga motovlog menjadi tren tersendiri di media sosial, terutama youtube. Melalui kamera yang biasanya ditaruh di helm milik motovlogger, mereka merekam segala kejadian yang terjadi di jalanan. Mulai dari suasana jalanan, kecelakaan, hingga pelanggaran lalu lintas.

Salah satu video motovlogger yang viral dan menjadi bahan perbincangan masyarakat berasal dari akun youtube QQ Motovlog. Video berjudul “EMOSI DIJALAN, LAWAN ARAH DIBELA WARGA #1” ini telah dilihat lebih dari 1,5 juta kali. Dalam video tersebut terlihat sang motovlogger mencoba untuk membela peraturan lalu lintas yang berlaku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kesal Pada Pelanggaran

Video tersebut telah diunggah sejak 11 Juli 2019, namun baru viral pada akhir Agustus. Motovlogger yang sedang menuju suatu tempat itu terlihat kesal karena banyak pengendara motor yang lain melawan arah.  

3 dari 5 halaman

Menegur Pelanggar

Pada menit 1:51, motovlogger ini mengaku bahwa emosinya memuncak saat melihat orang-orang yang melawan arah di jembatan layang. Ia kemudian berhenti dan mencoba untuk memberitahu orang-orang yang melanggar tersebut.

“Arahnya kemana pak? Arahnya kemana?” ujar motovlogger saat berhadapan dengan pelanggar aturan lalu lintas. Namun para pelanggar tidak menghiraukan perkataannya dan lanjut melanggar aturan.

4 dari 5 halaman

Dibela Warga

Motovlogger itu kemudian melanjutkan perjalannya ke ujung jembatan layang, tempat awal orang-orang sering melawan arah. Ia kembali menegur dan menyuruh pengendara motor yang melanggar untuk memutar balik. Kali ini ia tidak memberi jalan bagi pelanggar. Tetapi pelanggar semakin ramai dan tidak mau memutar balik.

Terjadi perdebatan antara motovlogger dan para pelanggar yang membuat suasanya semakin panas. Akibat perdebatan tersebut, jalanan menjadi terhambat.

Pada menit 4:44, beberapa warga menghampiri tempat  kejadian dan menyuruh para pelanggar untuk berbalik arah dan mengikuti peraturan. Warga membela perbuatan dari motovlogger yang menegakkan peraturan.

5 dari 5 halaman

Komentar Netizen

Netizen yang menonton video tersebut di youtube pun ikut berkomentar. Mereka mengomentari keberanian dari tindakan motovlogger yang menegakkan peraturan lalu lintas.

Senang ada yg peduli hal kyk gini” – Putra gunawan

Alhamdulillah untung di bela warga bang,,” – Aden Arialfian

Keren lo bro! Memang sekarang sebuah kesalahan dan kebodohan sedang menjadi mayoritas, sebuah kemayoritasan dianggap bener bro.. susah memang” – Zulfian Bachtiar

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.