Bisa Dicoba, 4 Cara Menghasilkan Uang Saat Backpacker-an

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Sep 2019, 10:01 WIB
Ilustrasi Backpacking

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara bepergian jauh tanpa mengeluarkan uang yang terlalu banyak adalah dengan cara menjadi backpacker. Menjelajah tempat dengan membawa ransel, barang secukupnya, dan tanpa benda-benda yang memberatkan menjadi tren tersendiri bagi beberapa kalangan.

Selain jauh lebih murah, berwisata dengan cara backpacking dinilai memiliki tantangan serta keseruan yang lebih tinggi. Bahkan, para backpacker punya kesempatan untuk mencari uang sembari menjelajah area dalam negeri maupun luar negeri. Berikut adalah cara menghasilkan uang saat backpacking yang dilansir dari AZBIGMEDIA.

2 of 6

1. Mengajar Bahasa

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris (sumber: iStockphoto)

Kita semua memiliki bahasa yang dikuasai. Saat bepergian ke tempat lain, ada kemungkinan kita menjelajah tempat yang membutuhkan pengajar bahasa. Contohnya adalah mengajar bahasa Indonesia di luar negeri, atau mengajar bahasa daerah di kota-kota lain.

Bila Anda memiliki kelebihan dalam presentasi atau mengajar maka akan sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan ini. Selain itu, gelar bahasa juga menjadi hal yang meyakinkan.

3 of 6

2. Kerja Lepas / Freelance

Ilustrasi. Freelance
Ilustrasi. Freelance

Saat ini di era digital yang modern, pekerjaan tidak dibatasi oleh dinding perkantoran. Siapapun bisa bekerja kapan saja dan di mana saja untuk bekerja. Menjadi pekerja lepas hanya membutuhkan peralatan seperti laptop dan wifi.

Selain itu pekerjaan lepas seperti ini memiliki banyak bidang, dan sangat mungkin bila tempat yang sedang Anda kunjungi mendukung pekerjaan anda.

4 of 6

3. Bekerja di Hostel

Backpacker
Ilustrasi backpacker (Sumber foto: antholagroup)

Hostel merupakan tempat yang baik dan berbiaya rendah. Selain itu, hostel juga bisa menjadi peluang Anda untuk mendapatkan uang.

Beberapa hostel menerima backpacker untuk bekerja di tempatnya agar mendapatkan uang cepat. Jadi, Anda dapat mendatangi hostel dan menanyakan bila mereka membuka lowongan pekerjaan.

5 of 6

4. Memandu Wisata

Ilustrasi Pemandu Wisata
Ilustrasi Pemandu Wisata (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bila Anda menghabiskan waktu yang lama di sekitar negara tertentu, besar kemungkinan Anda memiliki pengetahuan dan cerita lokal di tempat-tempat wisata. Pengetahuan itu dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang dengan bekerja sebagai pemandu wisata. Menjadi pemandu wisata akan lebih fleksibel dalam hal waktu.

Jika Anda memiliki pengetahuan yang lebih khusus mengenai kota tertentu, maka Anda dapat mendaftar ke perusahaan wisata yang lebih terspesialisasi. Namun, kemungkinan waktu Anda tidak akan sefleksibel ketika Anda melakukannya sendiri.

 

Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓