Sukses

Studi: Minuman Kimchi Bantu Atasi Kebotakan Rambut

Para ilmuwan telah menemukan bahwa kimchi bisa membantu mengatasi kerontokan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Kebotakan rambut menjadi momok bagi banyak individu, khususnya para pria. Tidak heran jika banyak individu yang mengalami masalah kebotakan akan merasa kurang percaya diri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, segelintir orang bahkan rela melakukan berbagai cara seperti menggunakan beragam produk, obat hingga terapi demi mengatasi kebotakan rambut. 

 

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kimchi bisa membantu mengatasi kerontokan rambut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minum Kimchi Sebelum Sarapan dan Sebelum Tidur

Melansir World of Buzz, Rabu (21/8/2019), seperti mengutip Daily Mail, mengatakan bahwa para peneliti di Universitas Dankook, Korea, melakukan penelitian pada 23 pria dengan meminta mereka untuk minum minuman kimchi yang dijual di Korea Selatan.

Beberapa dari pria yang mengikuti penelitian tersebut mengalami tahap awal kerontokan rambut, sementara yang lain benar-benar botak. Mereka di instruksikan untuk minum minuman kimchi sebelum sarapan dan sebelum tidur.

 

3 dari 3 halaman

Alami Peningkatan Sifnifikan

Sebelum penelitian ini, jumlah rata-rata rambut pria yang mengikuti penelitian ini yakni 85 per cm persegi. Setelah satu bulan, naik menjadi 90 dan dalam 4 bulan, rambutnya menjadi 92 per cm persegi.

Laporan temuan ini diterbitkan dalam The World Journal of Men's Health, di mana mereka mengatakan bahwa ini adalah peningkatan signifikan yang tampaknya telah membalikkan kerontokan rambut pada sebagian besar pria.

Tentu ini sangat membantu, karena kimchi bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mengembalikkan kebotakan dan dapat dimakan tanpa batas waktu. Dibandingkan dengan penggunaan obat yang memiliki efek samping dan hanya bisa digunakan sementara. 

Para pria yang ikut dalam penelitian itu juga  mengatakan bahwa ini adalah strategi perawatan yang lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.