Obati Kebotakan, Kimchi Diklaim Dapat Suburkan Rambut

Oleh Sulung Lahitani pada 23 Agu 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2019, 23:13 WIB
kimchi sawi

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru di Korea Selatan menyatakan Kimchi dapat menjadi jawaban bagi orang-orang yang rambutnya mulai menipis. Terbuat dari kol yang difermentasi, dicampur dengan rempah-rempah pilihan, hidangan itu dilaporkan mengandung khasiat yang dapat membalikkan kerontokan rambut.

Melansir dari The Sun, ilmuwan Korea Selatan di Universitas Dankook telah menemukan bahwa kuah kimchi yang dikonsumsi di Korea Selatan telah membantu menebalkan rambut peserta penelitian. Malahan kuah kimchi itu juga dilaporkan membantu mereka menumbuhkan rambut baru dalam beberapa minggu.

 

2 of 6

Selanjutnya

Ilmuwan Klaim Sudah Temukan Obat Kebotakan
Foto Ilustrasi

Dalam studi tersebut, 23 pria dalam berbagai tahap rambut rontoh diinstruksikan untuk minum kuah kumchi sebelum sarapan dan sebelum tidur selama empat bulan. Jumlah rata-rata rambut mereka kemudian diketahui meningkat dari sekitar 85 per sentimeter persegi kulit kepala menjadi 90 pada bulan pertama saja. Empat bulan kemudian, meningkat kembali menjadi 92 rambut per sentimeter persegi.

 

3 of 6

Selanjutnya

Kebotakan
Kebotakan

Menurut para ilmuwan, pertumbuhan tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan, bahkan membalikkan kerontokan rambut pada sebagian besar pria. Diterbitkan dalam World Journal of Men's Health, studi ini menyoroti dampak temuan pada pengobatan saat ini yang telah ditemukan menyebabkan efek samping yang merugikan.

 

4 of 6

Selanjutnya

[Bintang] Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Kimchi?
Buat kamu yang lagi tergila-gila sama semua yang berbau Korea termasuk makanannya, ini lho pengetahuan dasar soal apa itu kimchi. (Foto: maangchi.com)

"Obat-obat kimia saat ini dapat memiliki efek buruk sehingga penggunaannya biasanya sementara," kata salah satu peneliti.

"Sementara kimchi, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membalikkan kebotakan tanpa efek samping. Ini adalah cara yang lebih aman bagi pasien," tambahnya.

 

5 of 6

Selanjutnya

Resep Sup Kimchi Tahu
ilustrasi Sup Kimchi Tahu/copyright Shutterstock

Kimchi sendiri telah populer di kalangan pencinta masakan Korea karena kualitas probiotiknya. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa kimchi, bersama makanan fermentasi lainnya, dapat membantu mengurangi kecemasan pada kaum muda.

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓