Sukses

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Pria Buat Permaian Unik dari Kardus Bekas

Hal ini dilakukannya untuk mencegah sang anak kecanduan gadget.

Liputan6.com, Jakarta - Gadget saat ini memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan sebagian besar orang di Indonesia. Tak hanya orang dewasa, kalangan remaja bahkan anak-anak pun saat ini sudah begitu akrab dengan gadget, mulai dari smartphone, atau tablet.

Bahkan banyak anak-anak yang sudah kecanduan bermain gadget dan tidak mau lepas darinya. Hal ini tentu bisa berdampak buruk, tidak hanya bagi perilaku tapi juga kesehatannya.

Seorang ayah di provinsi Henan, Tiongkok, memiliki cara unik untuk mencegah sang anak kecanduan gadget. Pria yang memiliki pengikut sebanyak 2,3 juta orang di media sosial ini menjadi viral usai membuat berbagai permaian unik dari kardus.

Dia telah mengubah kardus bekas menjadi tetris tiga dimensi, papan permainan labirin, puzzle dan berbagai permainan unik lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah sang anak ketergantungan akan gadget untuk game.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Buat bisnis online

Tidak hanya itu, berbagai permainan yang dia buat juga mampu membantu konsentrasi dan meningkatkan kinerja otak sang anak. Di sisi lain, dirinya jadi tak harus membeli mainan untuk sang anak.

"Saya membuat mainan-mainan tersebut agar anak saya tak menggunakan ponsel. Ini bisa membuat masa kecilnya lebih spesial," katanya seperti dikutip dari World of Buzz, Selasa (20/8/2019).

Video dari permainan-permainan unik yang dia buat lantas menjadi viral di media sosial Tiongkok. Kini dirinya juga memulai membuat bisnis online yang menjual berbagai permainan handmade-nya itu. 

Untuk proses pembuatannya sendiri, dia hanya memanfaatkan barang-barang yang mudah ditemui sehari-hari seperti kardus, tusuk daging dari kayu, karet dan juga lem. Lantas apa kamu penasaran apa saja mainan yang telah dia buat untuk sang anak?

3 dari 7 halaman

1. Tetris

4 dari 7 halaman

2. Maze game

5 dari 7 halaman

3. Marble run

6 dari 7 halaman

4. Papan labirin

7 dari 7 halaman

5. Track mobil-mobilan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.