Sukses

Ular Berbisa Memakan Tubuhnya Sendiri, Stres?

Video penyelamatan kingsnake yang memakan tubuhnya sendiri tersebar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Perilaku hewan bisa mengejutkan. Salah satunya ketika seekor kingsnake yang kedapatan memakan tubuhnya sendiri. Video yang menunjukkan hal itu diunggah akun Forgotten Friend Reptile Sanctuary.

 

Dalam video itu terlihat Jesse Rothacker melihat seekor kingsnake sedang berusaha memakan tubuhnya sendiri di kandangnya. Itu terjadi di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Jesse menyatakan kingsnake merupakan ular yang dikenal sering memakan ular lain. "Kingsnake (ular raja) bahkan tahan terhadap ular berbisa dan racun copperhead. Kami secara rutin memerhatikan ular raja yang menggigit dirinya sendiri, jika hanya sedetik. Namun ini untuk pertama kalinya dalam 15 tahun sejarah kami, satu dari ular raja kami kedapatan berusaha menelan dirinya sendiri!" kata Jesse.

Video itu pun ramai diperbincangkan. Hingga Selasa (20/8/2019), video yang diunggah Jumat (9/8/2019) itu telah ditonton lebih dari 327 ribu kali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelamatan

Melihat kejadian itu, Jesse menyelamatkan si ular dengan berusaha melepaskan mulutnya perlahan dari ekornya.

Darah pun tampak ketika Jesse berusaha melepaskankan ular dari memakan dirinya. Jesse mengatakan sepertinya itu bukan darahnya karena lelaki itu tidak merasakan gigitan.

Beberapa menit kemudian, ular itu pun berhasil melepaskan dirinya sendiri. Tampak dalam video, ular itu memang telah menelan hampir sebagian tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Alasan ular memakan tubuhnya sendiri

Beberapa warga menyatakan kemungkinan kejadian itu karena ularnya stres. Namun, menurut akun Forgotten Friend Reptile Sanctuary, ular bernama Kronos itu tidak stres.

Tanda-tanda stres tidak tampak pada Kronos. Lingkungan tempat tinggalnya pun memadai dan mirip dengan kandang ular lainnya.

Di unggahannya yang pertama, Jesse mengatakan ular itu mungkin terlalu lapar. Kemungkinan lainnya, ular itu memakan diri sendiri karena kebiasaannya. Di tubuh ular itu ditemukan tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan dirinya pernah memakan tubuhnya sendiri di masa lalu.

Setelah Kronos memakan tubuhnya sendiri, kingsnake itu pun diberi makan tikus. Itu tampak di unggahan selanjutnya.

4 dari 4 halaman

Cara menyelamatkan

Meski tak selalu terjadi, ular memakan dirinya sendiri memang beberapa kali terjadi. Seperti yang sebelumnya dibahas, penyebabnya bisa stres, lapar, atau kebiasaan.

Untuk menangani kasus karena stres, lingkungan tempat tinggal ular itu perlu diatur sedemikian rupa. Misalnya mengenai suhu ruangan.

Jika telah melihat ular memakan tubuhnya sendiri, ada hal yang bisa dilakukan. Seorang warganet menunjukkan video cara agar ular yang memakan tubuhnya sendiri melepaskan tubunya itu. Caranya dengan mengoleskan hand sanitizer di dekat mulut ular tersebut.

Namun, hal itu tentu perlu kehati-hatian. Jika tak yakin menanganinya sendiri, bantuan dari pihak ahli dan berpengalaman bisa diandalkan.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.