Sukses

Melalui Program Sahabat Semata, Pertamina Lepasliarkan Dua Elang Bondol

Pada Minggu (18/8) Pertamina telah melepasliarkan dua elang bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta Bagus dan Bagas, dua elang bondol yang hendak dilepasliarkan tampak malu-malu terbang di dalam sangkarnya. Sangkar akhirnya terbuka, setelah tirai kandang 'raksasa' di tengah laut ditarik bersama oleh Pjs General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III, Dwi Muhammad Abdu, Perwakilan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta Diki, serta Pemilik Pulau Kotok Kiki.

Dua Elang Bondol ini perlu waktu sejenak, sebelum dilepasliarkan keluar ke alam bebasnya. Bagus, Elang Bondol betina ini sudah sejak tahun 2015 ada di penangkaran Elang di Pulau Kotok. Saat itu, Bagus ditemukan dalam kondisi tidak sehat. Kulit kakinya terkena bubble foot atau pembengkakan. Hal ini menyebabkan kemampuan terbangnya menurun.

Ditemukan di Jawa Tengah, Bagus dibawa ke Pusat Konservasi Elang Bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu untuk mendapat perawatan kesehatan dan rehabilitasi. Setelah dinilai sehat dan mampu bertahan hidup, Bagus dilepasliarkan bersama Bagas, Elang Bondol jantan.

 

Pulau Kotok merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu, yang berada di paling utara dari Jakarta. Pulau ini menjadi satu-satunya tempat konservasi Elang Bondol dan Elang Laut di Indonesia, untuk menjaga habitat Elang Bondol yang nyaris punah.

"Tiap tahun populasi Elang Bondol menurun karena banyak yang mengeksploitasi Elang, karena Elang memiliki kepintaran yang tinggi dan mudah dilatih," jelas Ketua Jakarta Aid Animal Network (JAAN) Benvika di sela kegiatan Pertamina Sahabat Semata yang digelar hari ini di Pulau Kotok.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Milenial

Melihat populasinya yang kian sedikit, sejak tahun 2017 Pertamina MOR III turut mendukung program pelestarian Elang Bondol di Pulau Kotok tersebut, dengan menggandeng JAAN dan BKSDA DKI Jakarta.

"Karena wilayah operasi Pertamina MOR III salah satunya adalah di Provinsi DKI Jakarta, kami merasa peduli untuk menjaga keberadaan Elang Bondol yang juga merupakan satwa maskot Provinsi DKI Jakarta ini," tambah Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami.

Dukungan Pertamina pada tahun 2019 diwujudkan melalui pengadaan alat geotagging yakni alat untuk melihat posisi Elang Bondol setelah dilepasliarkan. Selain itu, bantuan perawatan konservasi kandang atau sanctuary serta mesin kapal untuk mendukung mobilitas tim JAAN ke Pulau Kotok.

Untuk mendukung pengenalan satwa langka ini, Pertamina dan JAAN hari ini juga menggelar program Sahabat Semata, yakni mengajak 60 anak SMA dan Universitas yang terpilih menjadi Duta Elang Bondol untuk datang dan melihat langsung habitat Elang di Pulau Kotok.

Duta Elang Bondol merupakan pelajar dari 10 SMA dan 5 Universitas di DKI Jakarta, nantinya akan menjadi motor penggerak pengenalan Satwa Maskot Jakarta kepada teman-teman maupun komunitas millennial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.