Tips Mudah Jadikan Kamar Tidur Agar Nyaman dan Bikin Betah

Oleh Liputan6dotcom pada 01 Sep 2019, 14:00 WIB
Atur Keadaan Kamar agar Tidur Lebih Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal bisa membuat tidur lebih baik. Makanan atau kebiasaan dua di antaranya. Selain itu, keadaan kamar atau tempat tidur ternyata juga berperan dalam tidur lebih baik.

Hal itu seperti laporan hasil survei National Sleep Foundation (NSF) bertajuk "Bedroom Poll." Laporan itu salah satunya meneliti soal keadaan kamar terhadap kenyamanan tidur.

Hasilnya, tujuh dari sepuluh orang menyatakan bisa tidur lebih nyaman dengan seprai yang harum dan segar. Tiga dari sepuluh orang pun setuju mereka pergi tidur lebih awal ketika alas tidur dan seprai harum. 

2 of 5

Alas tidur bersih bisa membantu tidur lebih nyaman

Menurut Sains, Tidak Ada Gunakan Menunda Alarm, Mengapa?
Ilustrasi (iStockphoto)

Alas tidur atau seprai yang jarang dibersihkan bisa menyimpan debu, tungau, jamur, atau bakteri. Hal seperti debu itu pun bisa menyebabkan alergi bagi beberapa orang.

Seperti melansir Goodhousekeeping, Minggu (1/9/2019), alergi dapat memicu bersin-bersin dan mata berair. Terkadang, hal itu membuatmu tidak dapat tidur pulas. Pernapasan yang terganggu juga bisa membuat tidur terganggu.

3 of 5

Tempat tidur nyaman untuk tidur lebih baik

tidur
ilustrasi tidur (Shutterstock)

Selain kebersihan tempat tidur, kenyamanan kasur dan bantal pun menjadi hal penting untuk membuat tidur nyaman. Dalam penelitian yang dilakukan NSF, sembilan dari sepuluh orang menyatakan butuh kasur, bantal, dan alas tidur atau seprai yang nyaman agar kualitas tidur mereka baik.

Penelitian itu pun menunjukkan elemen lain agar tidur nyaman. Itu meliputi suhu ruangan, udara yang bersih bebas alergi, dan kamar tidur bersih.

4 of 5

Bersihkan dan kondisikan tempat tidur

Atur Keadaan Kamar agar Tidur Lebih Nyaman
Ilustrasi (tiracardz/Freepik)

Keadaan tempat tidur bisa membantu tidur lebih baik. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikannya.

Salah satu caranya, kamu perlu membersihkan bantal, kasur, dan sarungnya. Ada berbagai cara membersihkan barang-barang itu. Salah satunya dengan cara mencucinya dengan air panas atau air hangat. Itu bisa membunuh debu dan bakteri lainnya.

Ada beberapa perbedaan seberapa sering kamu perlu mencuci barang-barang di tempat tidurmu. Ada yang menyebutkan kamu perlu mengganti dan mencuci seprai sebulan sekali, dua minggu sekali, atau bahkan seminggu sekali.

Untuk menjaga kebersihan tempat tidur, upayakan juga badanmu bersih ketika naik ke tempat tidur. Jika kamu berkeringat karena olahraga sebelum tidur, usahakan bersihkan dulu sehingga tempat tidur tidak mudah kotor.

Selain membersihkan tempat tidur, kamu juga bisa memerhatikan hal lain agar tidur lebih nyaman. Itu misalnya suhu ruangan, udara kamar yang segar dan bersih, kondisi yang tidak bising, hingga cahaya kamar. 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓