4 Cara Mudah Hilangkan Bau Asap yang Menempel di Kain

Oleh Liputan6dotcom pada 15 Agu 2019, 09:00 WIB
4 Cara Bantu Hilangkan Bau Asap yang Menempel di Kain

Liputan6.com, Jakarta - Bakar-bakar makanan mungkin hal yang menyenangkan. Namun, bau dari asap yang menempel pada pakaian dan barang berbahan kain di rumah tentu tak menyenangkan.

Bau asap dari kegiatan bakar-bakar, rokok, knalpot, atau bau asap bisa menempel dan mengganggu kenyamanan. Tak jarang, bau itu sulit dihilangkan bahkan setelah dicuci.

Salah satu cara yang mudah adalah mengangin-anginkannya. Namun, selain itu ada pula cara lain jika bau asap masih menempel.

Seperti melansir eHow dan laundrycare, Rabu (14/8/2019), berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu menghilangkan bau asap pada kain.

2 of 6

1. Cuka atau soda kue dan air

Merendam pakaian
Ilustrasi (pixabay)

Cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan bau asap dari pakaian. Cuka dan soda kue dapat digunakan karena bisa menyerap bau.

Caranya, isi wadah dengan air hangat. Tambahkan segelas cuka putih atau soda kue. Aduk hingga tercampur. Masukkan dan rendam pakaian yang bau asap selama sekitar satu jam. Setelah itu, cuci seperti biasanya.

3 of 6

2. Soda kue dan plastik

Cara Bantu Hilangkan Bau Asap yang Menempel di Kain
Jessica Kielman (eHow)

Soda kue juga bisa menghilangkan bau asap pada kain tanpa mencampurkannya dengan air. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada gorden atau kain furnitur.

Caranya masukkan kain atau pakaian yang bau ke kantong plastik, sebaiknya gunakan plastik ziplock. Lalu masukkan segelas soda kue ke dalam plastik itu. Kocok hingga soda kue merata ke seluruh bagian kain. Diamkan semalaman.

Setelah itu Anda bisa mencucinya seperti biasa. Namun, Anda juga bisa menghilangkan bau asap hanya dengan cara ini tanpa mencucinya. Itu bisa Anda gunakan jika kain atau pakaian akan segera digunakan keesokan harinya.

4 of 6

3. Menggunakan cairan semprotan

Ilustrasi semprotan
Ilustrasi (Freepik)

Bau yang menempel pada kursi berbahan kain, sofa, atau barang serupa akan sulit untuk dicuci. Untuk membantu menghilangkan bau asapnya, Anda bisa membuat cairan untuk disemprotkan ke barang-barang itu.

Caranya, masukkan dua gelas cairan witch hazel ke dalam botol semprotan. Tambahkan sekitar 20 tetes minyak esensial lemon lalu kocok hingga tercampur. Cairan semprotan itu akan membantu menyerap bau asap pada kain.

Jika sulit mendapatkan witch hazel, Anda bisa mencoba menggunakan campuran air, cuka, dan minyak esensial atau pewangi.

5 of 6

4. Lemon

ilustrasi mesin cuci
ilustrasi (sumber: iStockphoto)

Lemon sudah terkenal dalam urusan bersih-membersihkan. Begitu pun untuk membantu menghilangkan bau asap. Caranya, cukup tambahnkan sekitar setengah gelas air perasan lemon ke dalam cucian. Lalu cuci seperti biasa.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓