Berdasarkan Penelitian, Ini Jumlah Teman yang Dibutuhkan Orang Dewasa

Oleh Liputan6dotcom pada 13 Agu 2019, 10:00 WIB
ilustrasi persahabatan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa penelitian menunjukkan manfaat pertemanan yang baik dapat memberi manfaat pada diri kita, seperti untuk kesehatan atau kebahagiaan. Namun, berapa jumlah teman yang dibutuhkan individu?

Penelitian mengenai jumlah sahabat ini biasanya didasarkan pada level pertemanan. Umumnya terdapat tiga atau empat level pertemanan.

Suzanne Degges-White Pd.D., baru-baru ini juga melakukan penelitian tentang jumlah teman yang dibutuhkan orang dewasa. Melansir dari Psychology Today, Selasa (13/8/2019), Suzanne Degges-White juga mengklasifikasikan pertemanan menjadi empat level untuk meneliti jumlah sahabat yang dibutuhkan manusia.

2 of 6

Level pertemanan

[Bintang] Ilustrasi Persahabatan
Ilustrasi Persahabatan. (via Huffington Post)

Dalam penelitiannya, Suzanne Degges-White membagi pertemanan berdasarkan kedalaman atau kedekatan hubungan mereka. Level pertemanan itu meliputi kenalan, teman biasa, teman dekat, dan sahabat.

3 of 6

Tiga hingga lima sahabat

sahabat
ilustrasi pertemanan/Photo by José Luis Photographer from Pexels

Suzanne Degges-White lalu mengumpulkan data orang dewasa berusia 30-70 tahun. Dari data itu ditemukan orang dewasa membutuhkan tiga hingga lima teman terdekat untuk merasakan jumlah yang cukup.

Selain itu, orang dewasa dengan empat atau lima teman dekat dapat menikmati kehidupan mereka, sedangkan memiliki tiga teman dekat tidak terlalu berlaku demikian.

Penelitian itu pun menunjukkan jika Anda memiliki seseorang yang menganggap Anda sahabatnya, tingkat kepuasan menikmati hidup akan lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak.

4 of 6

Jumlah teman menurut penelitian sebelumnya

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja - selfie (iStock)
Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja - selfie (iStockphoto)

Selain penelitian yang dilakukan Suzanne Degges-White baru-baru ini, Robin Dunbar pun pernah melakukan penelitian serupa sebelumnya.

Robin Dunbar meneliti jumlah pertemanan yang bisa dimiliki orang dalam satu waktu dengan cara melihat kebiasan bertelepon mereka. Dunbar pun membagi pertemanan itu menjadi empat level atau lapisan.

Hasilnya, manusia umumnya memiliki lima sahabat/teman terdekat, 10 teman dekat, 35 teman di lapisan berikutnya, dan 100 teman di lapisan terakhir.

Penulis melansir HuffPost, beberapa tahun kemudian, penelitian serupa pun dilakukan di Eropa. Hasilnya tak jauh berbeda dengan penelitian Dunbar. Rata-rata teman yang dibutuhkan berdasarkan lapisan pertemanan yaitu 4.1, 11, 29.8, dan 128,9 orang.

5 of 6

Berbeda-beda

Ilustrasi persahabatan
Ilustrasi persahabatan. Dok: theconversation.com

Namun, para peneliti pun mengungkapkan kemungkinan perbedaan jumlah teman yang dibutuhkan. Setiap orang bisa memiliki jumlah sahabat yang berbeda. Umumnya, jumlah teman terdekat itu antara 1-15 orang, tapi rata-ratanya 4-5 sahabat.

Selain itu, untuk melihat dampak sahabat kepada seseorang pun bukan hanya dilihat berdasarkan jumlahnya, tapi juga soal hubungannya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓