7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bantu Kamu Menurunkan Berat Badan, Cobain Deh?

Oleh Sulung Lahitani pada 09 Agu 2019, 19:00 WIB
Tidur dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Pada malam hari, tubuh Anda membakar antara 300 sampai 400 kalori. Ini hampir sama dengan jumlah energi yang Anda buang dalam jangka waktu satu jam.

Para ahli mengklaim bahwa tidur yang berkualitas dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Jika Anda ingin membuatnya bekerja, penting untuk mematuhi kebiasaan tertentu yang dapat meningkatkan metabolisme saat Anda tidur.

Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Mengatur suhu kamar

Para ahli merekomendasikan mengatur suhu kamar Anda sekitar 18 derajat Celcius di malam hari untuk meningkatkan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih dingin mengaktifkan sel-sel lemak krem yang bertanggung jawab atas termoregulasi.

Ketika Anda tidur di ruangan yang dingin atau tidur telanjang, tubuh Anda mulai membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas. Ini sebabnya Anda mungkin merasa lebih kurus di pagi hari.

 

2 of 7

2. Minum jus anggur

Jus anggur atau jus jeruk Copyright krokdozdrowia.com
Jus anggur atau jus jeruk Copyright krokdozdrowia.com

Jus anggur membantu membakar kalori berkat zat khusus yang disebut resveratrol. Ini mengubah lemak putih menjadi lemak krem.

Saat Anda tidur, tubuh Anda menggunakan lemak krem untuk membuat tubuh tetap hangat. Jadi minum secangkir jus anggur sebelum tidur akan memaksa Anda untuk membuang kelebihan lemak alih-alih menyimpannya. Konsumsi jus segar untuk menghindari asupan gula yang tak perlu.

 

3 of 7

3. Rutin tidur dan bangun di waktu yang sama

tidur siang
Ilustrasi bangun tidur./Copyright shutterstock.com

Penelitian menunjukkan jadwal tidur yang tak teratur dikaitkan dengan kenaikan berat badan berlebihan. Biasanya, hormon melatonin yang memberi tahu kapan kita harus tidur. Hormon ini juga membantu mengaktifkan sel-sel lemak krem yang membantu membakar kalori.

Jika waktu tidur Anda tidak konsisten, Anda akan mengganggu produksi melatonin dan menghilangkan kualitas tidur Anda. Akibatnya, Anda akan merasa lelah di pagi hari dan ingin makan berkalori tinggi untuk meningkatkan energi.

 

4 of 7

4. Menjauhkan gawai

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Cahaya berlebihan dari gawai kita adalah alasan lain mengapa kita tidak bisa tidur dengan benar. Terbukti, cahaya biru dari ponsel telah menunda tubuh memproduksi melatonin. Itu pula yang membuat Anda butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan Anda bangun dengan rasa lelah.

Cobalah untuk menghindari gawai selama 2 jam sebelum pergi tidur dan menempatkannya ke mode malam. Ganti tablet dengan buku dari kertas untuk dibaca. Anda pun akan segera merasakan melatonin bekerja memanggil Anda untuk tidur.

 

5 of 7

5. Makan camilan protein

selai kacang
Ternyata, selai kacang dapat dijadikan bahan untuk mencukur bulu kaki.

Tidak ada yang salah dengan ngemil sebelum tidur jika Anda melakukannya dengan benar. Pilih makanan yang kaya protein seperti yogurt Yunani, keju cottage rendah lemak, kalkun tanpa lemak, atau selai kacang. Mereka akan meningkatkan metabolisme dan membantu otot Anda tumbuh.

 

6 of 7

6. Melakukan latihan dengan repetisi

Ilustrasi renang
Ilustrasi renang. Foto: digitalnewsroom

Latihan fisik adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres dan meningkatkan metabolisme Anda sebelum tidur. Baik latihan kardio dan aerobik terbukti efisien, namun pelatihan ketahanan adalah yang membantu Anda membakar lemak.

Berenang atau angkat berat berat adalah solusi olahraga di malam hari yang terbaik. Mereka tidak membuat Anda terlalu berolahraga, tapi pada saat yang bersamaan merangsang pembakaran kalori yang berlangsung bahkan setelah Anda tertidur.

 

7 of 7

7. Minum teh herbal

9 Herbal yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan
ilustrasi teh mint. Foto: wallpapers55

Jenis teh tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan di malam hari. Teh herbal alami seperti kayu manis misalnya, memerangi peradangan dan mencegah kembung di pagi hari. Teh peppermint mengurangi nafsu makan dan membantu Anda menghindari ngemil. Sementara teh chamomile meningkatkan pencernaan dan melemaskan saraf Anda.

Lanjutkan Membaca ↓