Ladies, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Sebenarnya Merusak Kecantikanmu

Oleh Sulung Lahitani pada 07 Agu 2019, 18:00 WIB
Cat kuku

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari, kita melakukan hal-hal yang kita anggap tidak berbahaya tanpa menyadari dampaknya bagi kesehatan. Berikut ini, beberapa kebiasaan buruk setiap hari yang merusak kecantikan dan kesehatan Anda seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Menggunakan kuteks sepanjang waktu

Pewarna kuku berwarna gelap, terlebih merek murahan, memiliki pewarna kuat di dalamnya yang dapat menodai kuku Anda. Akibatnya, di kuku akan muncul warna kuning.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengenakan kuteks lebih sedikit atau membeli kuteks dengan bahan-bahan berkualitas baik.

 

2 of 6

2. Menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah

Terlalu Sering Mencuci Muka Bikin Wajah Keriput?
Terlalu Sering Mencuci Muka Bikin Wajah Keriput?

Terbiasa menggunakan handuk setelah membersihkan wajah ternyata dapat merusak kecantikan kulit muka. Handuk adalah tempat berkembang biak bakteri dan mikroba. Setiap kali Anda menggunakan handuk, Anda berisiko terkena jerawat. Alih-alih, Anda dapat mengenakan kapas wajah khusus.

3. Mengenakan bra saat tidur

Sebagian besar dari perempuan mengenakan bra setiap hari. Meski tidak bermasalah, mengenakan bra berkawat saat tidur dapat menyebabkan iritasi kulit dan menekan jaringan payudara. Penting juga untuk mengenakan dengan ukuran yang sesuai atau tidak terlalu keta dan tidak terlalu besar.

 

3 of 6

4. Menggunakan kuas makeup yang kotor

Cara Membersihkan Kuas Makeup dalam 5 Langkah
Simak di sini beberapa cara membersihkan kuas makeup dalam beberapa langkah mudah. (iStockphoto)

Membersihkan kuas makeup seharusnya menjadi salah satu prioritas Anda. Dengan menggunakan kuas yang kotor, Anda telah mengoleskan bakteri dan kuman ke wajah berulang-ulang. Bahkan, Anda berpotensi menyebarkannya ke produk kecantikan yang Anda gunakan. Skenario terburuknya adalah infeksi.

 

4 of 6

5. Makan lebih dari satu sendok teh garam tiap hari

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Mengurangi asupan garam dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan tekanan darah rendah memiliki kulit wajah yang tidak terlalu kendur. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu sendook teh garam setiap hari.

6. Mencabut alis secara berlebihan

Alis yang dibentuk dengan indah dapat membingkai wajah menjadi cantik. Tapi, berhati-hatilah dengan seberapa sering Anda mencabutnya. Pada akhirnya, sebagian rambut mungkin tidak tumbuh sama sekali jika Anda telah mencabut alis secara intensif selaam bertahun-tahun.

 

5 of 6

7. Duduk dengan menyilangkan kaki

Posisi Duduk Seksi yang Membahayakan
Kelamaan duduk dengan posisi kaki menyilang dapat membahayakan kesehatan tubuh hingga mengembangkan postur tubuh yang buruk

Sebagian besar waktu dihabiskan untuk duduk, karena itu penting untuk memiliki postur tubuh yang baik dan posisi duduk yang tepat. Meski menyilangkan kaki terasa nyaman, itu dapat merusak sirkulasi darah yag sehat di kaki. Belum lagi jika Anda mengenakan pakaian ketat.

 

6 of 6

8. Mengenakan deodoran setelah bercukur

Guru Cukur Bulu Ketiak Gadis di Depan Kelas
Seorang ibu di Australia begitu marah ketika tahu guru putrinya yang sudah remaja mencukur ketiaknya di dalam kelas

Sebagian besar deodoran memiliki bahan kimia yang kuat dan berbahaya di dalamnya. Setelah bercukur, pori-pori di kulit ketiak akan terbuka serta lebih rentan menyerap produk apapun yang dipakai. Hindari penggunaan apapun selain lotion yang menghidrasi atau deodoran alami pada ketiak yang baru dicukur untuk menghindari iritasi dan ruam.

Lanjutkan Membaca ↓