Sukses

Noda Darah hingga Lumut, Gunakan Minuman Soda Untuk Bersihkan 8 Hal Ini

Minuman bersoda ternyata dapat digunakan untuk membersihkan noda-noda seperti noda darah, lumut, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Minuman bersoda seperti coke mengandung berbagai agen kimia acerbic seperti asam sitrat, karbonat, dan fosfat. Zat-zat tersebut membuatnya efektif dalam membersihkan dan melarutkan sejumlah senyawa organik seperti darah, es, dan bahkan karat.

Berikut 8 manfaat Coca-Cola untuk membersihkan yang bisa Anda coba. Dilansir dari eHow, ini dia.

1. Membersihkan dinding kamar mandi

Dinding kamar mandi yang berlumut dan berjamur tentu tidak enak dilihat. Ketimbang membeli pembersih mahal, Anda bisa mencoba membersihkannya menggunakan minuman bersoda seperti Coca-Cola atau Pepsi.

Secara kimia, asam fosfat yang sama terkandung di dalamnya juga merupakan bahan umum dalam banyak cairan penghilang jamur. Caranya: celupkan sikat gigi bekas ke dalam Coca-Cola sebelum disikat ke dinding atau ubin. Atau Anda juga bisa menyiramkan sedikit Coca-Cola ke dinding atau ubin, biarkan meresap sebelum dibersihkan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Menghapus noda membandel di toilet

Asam fosfat dalam Coca-Cola juga dapat mengatasi noda yang tak sedap dipandang di bagian dalam toilet duduk. Bagian terbaiknya adalah Anda tak perlu menggosoknya terlalu keras karena ini akan merusak permukaan toilet.

Caranya, tuangkan cairan Coca-Cola dan pastikan noda terendam. Biarkan beberapa jam sebelum dibilas.

3. Penghilang noda darah

Siapa sangka, coke juga bisa digunakan sebagai penghilang noda darah yang efektif. Anda cukup oleskan coke di sekitar seluruh permukaan noda darah di kedua sisi kain. Kucek dan biarkan selama 15 menit seeblum dicuci seperti biasa.

 

 

3 dari 6 halaman

4. Menghapus noda berminyak di pakaian

Menghapus noda minyak atau oli di pakaian adalah pekerjaan yang melelahkan. Tapi Anda bisa menggunakan coke untuk membuatnya lebih mudah.

Anda cukup menggosokkan coke ke noda berminyak itu. Biarkan meresap selama 15 menit sebelum dicuci seperti biasa.

5. Menghapus bekas spidol permanen dan bekas lecet

Minuman ini juga dapat digunakan untuk menghapus noda spidol permanen dan bekas lecet di permukaan kayu. Caranya: rendam kain pembersih dalam coke lalu gosok noda tersebut.

 

 

4 dari 6 halaman

6. Membersihkan wajan kue

Kue yang dipanggang berkali-kali dapat menutupi wajan kue setelah beberapa kali penggunaan. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghilangkan noda tersebut.

Sekaleng coke dapat menghilangkan noda tersebut. Caranya, tuangkan Coca-Cola di wajan yang tertutup noda hangus, diamkan semalaman. Cukup digosok saat membersihkannya. Ulangi proses untuk noda yang membandel.

 

 

5 dari 6 halaman

7. Membersihkan kotoran lengket

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa adonan lengket seringkali lebih sulit dibersihkan, itu karena zat lengket membentuk rantai panjang molekul yang membentuk ikatan dengan setiap permukaan yang bersentuhan dengannya.

Apakah itu noda permen karet atau madu, asam dalam Coca-Cola adalah tingkat pH yang ideal untuk memutus ikatan-ikatan itu tanpa merusak permukaan tempat mereka menempel. Cukup dioleskan dan biarkan beberapa saat, kemudian sikat sedikit noda lengket tersebut.

 

6 dari 6 halaman

8. Menghapus karat

Coke juga dapat menjadi solusi pembersih karat yang efisien. Caranya, gosok alat berkarat dengan kain dan Coca-Cola sampai oksidasi membersihkan karat tersebut. Tapi untuk alat yang sangat berkarat akan butuh perendaman dalam Coca-Cola dan air selama satu jam hingga dua minggu, tergantung tingkat keparahan karat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.