Sukses

Alternatif Saat Mati Lampu, Trik Mudah Buat Lilin dari Kapas

"Lilin" ini nampaknya bisa menjadi alternatif di saat kondisi darurat mati lampu melanda

Liputan6.com, Jakarta Mati lampu di sejumlah wilayah di Jabodetabek masih terjadi hingga Senin (5/8) siang. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pemadaman bergilir masih akan terjadi hingga sore hari.

Terkait masih adanya wilayah yang mengalami mati lampu, hal ini disebabkan oleh pasokan listrik dari pembangkit yang belum optimal.

Untuk membantu pencahayaan saat mati lampu tentu banyak orang yang menggunakan lilin. Terlebih lagi saat mati lampu di malam hari. Sayangnya tak semua orang bisa mendapatkannya lantaran kehabisan persediaan.

Namun jangan khawatir, nyatanya kalian bisa mencoba cara membuat lilin dari bahan yang mudah ditemui satu ini yaitu kapas. Mungkin banyak belum mengetahui bahwa kapas bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti lilin ya. Lantas bagaimana cara membuatnya? Dikutip dari akun Twitter @ramafauzie, berikut tutorialnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan

Berikut bahan-bahan yang harus kalian persiapkan:

  • Piring beling
  • Kapas
  • Minyak goreng
  • Korek

 

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat

Pelintir kapas dan letakkan di atas piring. Lalu siram kapas dengan minyak goreng dan kemudian bakar ujung kapas. Kalian bisa menambahkan minyak jika sudah tak tersisa di atas piring. "Lilin" ini nampaknya bisa menjadi alternatif di saat kondisi darurat. Namun ada baiknya kalian tetap berhati-hati ketika menggunakannya.

 

4 dari 4 halaman

Tutorial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.