Cegah Lelah Berlebihan, Lakukan 5 Cara Ini Agar Tubuh Segar Kembali

Oleh Liputan6dotcom pada 04 Agu 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi Lelah

Liputan6.com, Jakarta - Lelah bisa tiba-tiba datang ditengah aktivitas kita. Setelah beraktivitas di pagi hari, semakin sore energi kita bisa berkurang sehingga merasa semakin lelah. Padahal Anda mungkin masih perlu beraktivitas.

Agar masih bisa beraktivitas secara optimal, ada beberapa cara untuk mencegah rasa lelah di penghujung hari. Caranya, Anda perlu melakukan sedikit penyesuaian pada kebiasaan Anda.

Dilansir dari hhdresearch.org Jumat (2/8/2019), berikut beberapa cara menghindari rasa lelah.

2 of 6

1. Minum air

Cegah Stres dengan Rutin Minum Air Putih (TinnaPong/Shutterstock)
Ilustrasi (TinnaPong/Shutterstock)

Dehidrasi sering menjadi akar dari kelelahan. Tubuh butuh terhidrasi agar sel dan sarag berfungsi dengan baik.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, darah akan mengental sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Oleh karenanya, Anda perlu konsisten minum air putih untuk menghidrasi tubuh.

Beberapa orang memercayai kebutuhan  minum orang dewasa sekitar 8 gelas per hari. Meski begitu, sebenarnya kebutuhan minum bisa berbeda setiap orang. Tubuh memiliki alarm haus yang memberi tahu Anda bahwa tubuh membutuhkan air, maka Anda juga bisa mengandalkan "alarm haus" itu. 

3 of 6

2. Sarapan

Sarapan Pagi Breakfast
Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)
Bangkitkan Semangat dengan Pilihan Menu Sarapan Ini!
Jangan sampai melewatkan sarapan dan pastikan Anda memilih menu dengan tepat, menu yang bergizi, menyehatkan, dan mampu 'memecut' semangat.

Sarapan dapat memasok energi Anda hingga siang hari. Jika terlewatkan, energi akan cepat menurun hingga merasa lelah.

Anda tidak perlu sarapan yang mahal, cukup yang bergizi. Anda bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat komplek, protein, vitamin dan mineral.

Beberapa menu yang bisa Anda coba misalnya buah, kacang-kacangan, biji-bijian, atau yogurt. Pilih makanan yang bergizi untuk menunjang hari.

4 of 6

3. Olahraga ringan

olahraga ringan
Ilustrasi olah raga ringan (Sumber: Pexels)

Latihan olahraga ringan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Coba sempatkan olahraga di pagi hari. Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti pemanasan, atau olahraga lainnya seperti lari, yoga, atau bersepeda. 

Dengan olahraga, pikiran Anda pun akan lebih baik dengan meningkatnya kadar oksigen dalam sistem Anda.

5 of 6

4. Istirahat

tidur saat haid
Ilustrasi (Copyright shutterstock.com)

Untuk mencegah dan mengatasi kelelahan, tentu Anda perlu beristirahat.

Kualitas istirahat yang baik merupakan hal penting bagi kesehatan fisik dan psikis. Durasi tidur yang cukup bisa berbeda-beda, tapi umumnya orang dewasa butuh tidur sekitar 7 hingga 8 jam.

Selain itu, agar bisa beristirahat dengan baik, kondisi kamar tidur pun perlu diperhatikan. Hindari kebisingan dan gangguan, atur tempat istirahat Anda senyaman mungkin untuk tidur.

6 of 6

5. Manfaatkan efek musik

Ilustrasi dengar musik
Ilustrasi

Anda juga bisa memanfaatkan efek musik untuk mencegah lelah. Dengarkan musik bertempo cepat untuk membangunkan energi Anda.

Musik dapat memengaruhi kesadaran kita. Berbagai penelitian pun menunjukkan efek musik yang mencegah lelah ketika berolahraga, misalnya studi yang terbit di International Journal of Psychophysioogy.

Musik dapat berpengaruh pada psikologi manusia. Perubahan suasana hati atau pengalihan perhatian karena musik dapat membantu hari-hari Anda dari bosan dan lelah.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by