Sukses

Buat Gambar Hitam Putih Seolah Berwarna, Ilusi Optik Ini Jadi Perdebatan

Jadi, apa kamu melihat foto tersebut seolah berwarna?

Liputan6.com, Jakarta - Jika melihat foto di atas, kamu tentu akan melihat orang-orang yang terpotret di sana mengenakan pakaian berwarna-warni. Ya, sebagain besar orang akan melihat seorang wanita berbaju kuning sedang memegang seekor kura-kura sambil dikelilingi beberapa temannya yang berbaju biru, merah, hijau dan putih.

Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya foto tersebut adalah hitam putih? Foto tersebut adalah sebuah karya dari seorang pria bernama Oyvind Kolas yang awalnya hitam putih.

Kolas lantas melakukan eksperimen visual dengan cara menambahkan garis-garis berwarna pada foto hitam putih tersebut. Hal ini yang membuat siapapun yang melihatnya seolah berwarna. Foto tersebut kemudian diunggah kembali oleh akun Twitter @page_eco.

"Apa yang kalian lihat adalah realitas dari apa yang otak tafsirkan dengan informasi yang tak sempurna," tulis keterangan unggahan tersebut.

Garis berwarna tersebut dikatakan yang memicu otak mengisi bagian lain yang hitam putih dengan warna. Hingga kini unggahan tersebut menjadi viral dan telah disukai oleh lebih dari 38 ribu pengguna Twitter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tak hanya foto gadis memegang kura-kura, Kolas juga mengunggah foto lain masih dengan menggunakan teknik tersebut. Dan hasilnya masih sama, orang-orang akan melihat foto tersebut seolah berwarna meski kenyataannya hitam putih.

Teknik yang luar biasa ini mirip dengan cara printer menafsirkan warna. Campuran warna dilihat oleh mata dan ditafsirkan oleh otak kita untuk membuat gambar akhir.

Menurut Pantone, mata dan otak manusia bekerja bahu-membahu untuk menerjemahkan cahaya menjadi warna. Objek memiliki warna karena memantulkan panjang gelombang cahaya tertentu sambil menyerap panjang gelombang lainnya.

Jadi, apa kamu juga melihat foto-foto tersebut seolah berwarna? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.