Tak Biasa, Kebun Binatang Ini Berikan Kotoran Panda sebagai Oleh-Oleh

Oleh Sulung Lahitani pada 01 Agu 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2019, 15:04 WIB
Tak Biasa, Kebun Binatang Ini Berikan Kotoran Panda sebagai Oleh-Oleh

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kebun binatang di barat daya Cina menjadi perbincangan setelah memberikan kotoran panda sebagai suvenir bagi pengunjung. Trik mendatangkan pengunjung yang tak biasa itu dilakukan oleh Taman Satwa Liar Yunnan di Kunming.

Hal tersebut juga sekaligus merupakan perayaan untuk ulang tahun ke-5 panda bernama Mao Zhu. Kotoran panda itu diubah menjadi berbagai benda dengan dibekukan memakai resin.

 

2 of 5

Selanjutnya

Tak Biasa, Kebun Binatang Ini Berikan Kotoran Panda sebagai Oleh-Oleh
Doc: Pear Video

Mengutip dari Pear Video, salah satu petugas kebun binatang mengatakan bahwa kotoran panda memancarkan aroma enak pada hari pertama setelah dikeluarkan. Kotoran itu sendiri lebih banyak berupa serat tumbuhan atau kertas yang dimakan oleh panda.

 

3 of 5

Selanjutnya

Tingkah Lucu Panda Raksasa di Kebun Binatang Moskow
Panda raksasa (ailuropoda melanoleuca) memakan bambu dalam kandangnya di Kebun Binatang Moskow, Rusia, Sabtu (13/7/2019). (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Menariknya, penjaga kebun binatang mengatakan bahwa karena suvenir itu mengandung gen panda, mereka adalah hadiah dan tidak untuk dijual. Suvenir yang tak biasa itu menimbulkan reaksi beragam netizen di Weibo.

 

4 of 5

Respons netizen

Panda di Kebun Binatang Kopenhagen
Panda raksasa, Mao Sun berada di kandang barunya selama diperlihatkan kepada media di Kebun Binatang Kopenhagen, Denmark, Rabu (10/4). Sepasang giant panda bernama Xing Er dan Mao Sun yang baru tiba dari China menjadi penghuni baru Kebun Binatang Kopenhagen. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix/AFP)

"Tidak dijual tapi bisa menjadi hadiah? Tidak masuk akal."

"Panda: Lihat aku sangat berharga."

"Apakah mereka takut kalau panda itu akan dikloning?"

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by