Sukses

Bantu Orangtua yang Kesusahan, Alasan Bocah Bagikan Selebaran Promosi Kanal Youtube-nya

Selain menaikhajikan orangtua, anak ini pun ingin membantu orangtuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Foto selebaran promosi kanal Youtube yang dibagikan seorang anak ramai diperbincangan di Twitter. Foto itu diunggah akun @jodohkugantenk di Twitter.

Hingga Senin (29/7/2019), twit itu telah mendapat lebih dari 9 ribu likes dan 9,3 ribu retweet. 

Dalam selebaran itu ditulis nama kanal Youtubenya, "HARLAN CHENEL FEED EMSOS" dan "Bantu orangtua. mohon subscribe untuk menaikkan orangtua naik haji!! amin."

Saat dihubungi Liputan6.com pada Senin (29/7/2019), Harlan pun menyatakan alasannya itu. "Buat bantu orangtua naik haji," kata Harlan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Juga untuk bantu keluarga

Harlan mengaku mengetahui keinginan orangtuanya itu dan berusaha ingin mewujudkannya. Selain itu, anak berusia 12 tahun itu pun menyatakan alasan lain.

"Buat kebutuhan sehari-hari, mau bantu Mamah biar gak kesusahan," kata Harlan ketika dihubungi Liputan6.com Senin (29/7/2019).

3 dari 5 halaman

Sempat bermasalah

Viral di Twitter, dari puluhan subscribers, akun Youtube Harlan pun mendapat ribuan subscribers. Namun, kanal Youtubenya itu sempat mengalami masalah. 

Sejak Minggu (28/7/2019), video di kanal Youtubenya hilang. Menurut tuturan Harlan, hal itu disebabkan masalah usia yang terdaftar di akunnya.

Beberapa warganet yang ingin subscribe kanalnya itu pun mempertanyakannya. Begitupun yang ditwit akun @jodohkugantenk.

Setelah masalah itu, Harlan pun menunggah video yang menjelaskan video-videonya hilang. Harlan pun masih berusaha untuk mengembalikan video-videonya itu.

4 dari 5 halaman

Dari ngaji hingga challenge

Beberapa video yang pernah diunggahnya berupa challenge dan mengaji. Videonya itu biasa anak itu buat dan unggah sendiri.

Ketika ditanya akan membuat konten video seperti apa ke depannya, Harlan menyatakan akan membuat beberapa konten. "Kayak baca Qur'an, kayak challenge. Kalau nggak, nge-prank," kata Harlan.

Beberapa warganet pun memberi saran untuk kontennya, misalnya akun Youtube Puguh ariel yang mengusulkan membuat konten yang disukai Harlan dan menarik bagi banyak orang.

5 dari 5 halaman

Ingin jadi youtuber

Harlan mengatakan, ide-ide yang dilakukannya terinspirasi dari youtuber Yudist Ardhana.

Ke depannya, Harlan pun mengatakan keinginannya, "Mau jadi Youtuber cita-citanya." 

Anak berusia 12 tahun itu pun mengatakan alasannya yang lain dari konten Youtubenya. "Biar jadi anak sukses. Tapi kalau udah sukses saya nggak mau sombong."

Namun, untuk memenuhi keinginannya, tampaknya Harlan masih perlu saran dan bimbingan. Begitu pun saran dari warganet.

Anak itu perlu bimbingan agar tahu cara mengelola kanal Youtubenya hingga dapat dimonetisasi dan mewujudkan keinginan orangtuanya untuk naik haji.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.