Sukses

Viral, Bocah Bagikan Selebaran Kanal Youtube Demi Biayai Orangtua Naik Haji

Selebaran promosi akun Youtube Harlan curi perhatian warganet. Hal itu Harlan lakukan agar bisa memberangkatkan orangtuanya haji.

Liputan6.com, Jakarta - Di pinggir jalan, seorang anak bernama Harlan membagikan selebaran promosi channel Youtube miliknya kepada orang yang lewat. Selebaran itu bukan cetakan digital, bermodalkan tulisan tangan, "HARLAN CHENEL FEED EMSOS" terpampang di bagian atas selebaran.

Di bawah tulisan itu, beberapa kalimat lain tertulis. "Bantu orangtua. mohon subscribe untuk menaikkan orangtua naik haji!! amin. trimakasih. bantu doa. like, subscribe."

Selebaran itu Harlan buat dan bagikan sendiri. Salah satu yang mendapat selebaran itu adalah pemilik akun @jodohkugantenk yang membagikan ceritanya di Twitter. 

 

Meski selebaran itu terlihat sederhana dan terdapat beberapa kesalahan penulisan, tujuan dan usahanya terlihat jelas. Demi memberangkatkan orangtuanya haji, anak lelaki berusia 12 tahun itu berusaha ingin mencari uang melalui akun Youtubenya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Untuk Orangtua

Harlan memang perhatian kepada orangtuanya. Kakaknya, Rini pun menyadari perhatian Harlan itu.

Ketika dihubungi oleh Liputan6.com pada Senin (28/7/2019), Rini menceritakan adiknya, Harlan sering ingat orangtuanya. Bahkan ketika mereka makan di luar, Harlan memikirkan keadaan orangtuanya.

Keinginan orangtuanya pun menjadi pemicu Harlan untuk berusaha dan sukses. Rini menceritakan, "Dia selalu bilang sebelumnya, 'Sabar ya Mah nanti Harlan beliin apapun yang Mamah mau kalau Harlan sukses'."

Keinginan menaikhajikan orangtuanya menjadi salah satu perhatian Harlan. Tanpa sepengetahuan keluarga, dirinya membuat dan membagikan selembaran agar mendapat uang dari Youtube dan memberangkatkan orangtuanya haji.

Keluarganya baru mengetahui hal itu setelah viral di Twitter pada Minggu (28/7/2019). Usaha Harlan pun menuai haru keluarga. "Kaget, terharu juga," kata Rini.

3 dari 5 halaman

Usaha sendiri

Tentu saja usaha Harlan itu membuat keluarganya kaget. Meski keluarganya tahu Harlan memiliki akun Youtube dan sering mengunggah video, Harlan tak bercerita soal selebaran dan tujuannya itu.

"Dia selalu izin keluar naik sepeda bawa-bawa kantong plastik isinya kertas gitu, pas saya tanya dia mau main ke rumah teman, saya dan orangtua enggak tau kalau ternyata adik saya nyebarin selebaran begitu di pinggir jalan dan orangtua gak memaksa ataupun nyuruh adik saya untuk bagiin selebaran seperti itu," cerita Rini.

Konten video dan pengunggahan Harlan lakukan sendiri. Kakaknya, Rini pun menyatakan Harlan juga belum bisa editing sehingga asal unggah di Youtube.

Menurut penuturan Rini, Harlan mulai fokus dengan konten Youtube setelah sempat dijauhi teman-temannya. 

4 dari 5 halaman

Viral di Medsos

Cerita Harlan yang membagikan selebaran promosi channel Youtube-nya ramai diperbincangkan di Twitter. Itu bermula dari akun @jodohkugantenk (nad) yang mencuit pengalamannya pada Sabtu (27/7/2019).

"Jadi, tadi pas naik motor dijalan aku dikasih lembaran ginian sm anak kecil cowo. Dia berdiri di pinggir jalan gitu sambil megangin lembaran ini. Minta tolong subscribe channelnya, biar bisa naikin haji orangtuanya. Bantu subscribe yu gais," cuit pemilik akun @jodohkugantenk disertai foto selembaran yang didapatnya.

Hingga Senin (29/7/2019), twit itu telah mendapat lebih dari 8,9 ribu likes dan 9,3 ribu retweet. Pemilik akun itu pun beberapa kali memberikan info terbaru soal akun Youtube Harlan.

5 dari 5 halaman

Tuai dukungan

Viral di Twitter, warganet pun merespons cuitan itu. Banyak yang memuji usaha Harlan untuk mempromosikan akun Youtubenya agar bisa memberangkatkan orangtuanya haji.

Salah satu komentar itu datang dari akun @alterlifeofme, "gilak ini niat banget"

Berbagai dukungan dan saran pun datang dari warganet. Banyak yang langsung subscribe channel Youtube Harlan Chenel Feed Emsosdan memberi dukungan

Dukungan itu misalnya yang dicuitkan @nobodyyessss, "AYO BANTU SUBSCRIBE!! DAN BANTU DO'A JUGAA!"

Beberapa juga memberikan saran. Saran itu misalnya yang dilontarkan akun @perfectlyfailed, "jangan lupa kak suruh adiknya daftar adsense."

Pengunggah cerita itu pun memberikan sarannya, "oiya tolong bilangin kakanya klo bisa, bimbing adeknya tentang adsense biar ditinjau sama pihak youtube."

Meski sempat bermasalah sehingga video di akun Youtubenya menghilang, dukungan masih mengalir.

Harlan pun tak berhenti berusaha dan tetap mengunggah video-video baru di akun Youtubenya Harlan Chenel Feed Emsos. Harlan pun memiliki akun Instagram dengan nama harlanfadilahdwi.

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini