Sukses

Asyik Main Tanah, Bocah Malah Temukan Telur Dinosaurus

Seorang bocah lelaki viral setelah menemukan fosil telur dinosaurus saat bermain.

Liputan6.com, Beijing - Seorang bocah lelaki di Tiongkok selatan viral setelah menemukan fosil telur dinosaurus. Zhang Yangzhe menemukan temuan menarik itu saat bermain di sekitar tanggul Sungai Dongjiang di Heyuan, provinsi Guangdong.

Bocah yang mencintai sains itu awalnya melihat batu aneh di dalam tanah yang ia gali. Zhang berspekulasi bahwa itu adalah telur dinosaurus setelah menggalinya lebih dalam.

Setelah melihat satu buah batu yang ia ambil, Zhang memperhatikan bahwa batu itu memiliki lingkarang di permukaannya. Ini mendorongnya memanggil ibunya untuk melihatnya juga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada lebih dari satu telur

Para ahli pun berdatangan ke tempat tersebut dan mengonfirmasi bahwa batu itu memang telur dinosaurus. Malahan, setelah menggali lebih jauh di sekitar tempat itu mereka menemukan 10 buah telur dinosaurus lainnya.

Telur-telur itu memiliki panjang sekitar 8,89 cm dan diperkirakan berasal dari periode Cretaceous akhir, yakni sekitar 66 juta tahun yang lalu.

 

3 dari 5 halaman

Suka belajar tentang dinosaurus

Menurut sang ibu seperti dilansir dari Beijing Youth Daily, anaknya memang mencintai limu pengetahuan terutama topik tentang dinosaurus. Bahkan, bocah itu telah membaca banyak buku tentang hal tersebut.

"Saya telah mempelajari ini dari buku-buku. Saya juga melihat (telur dinosaurus) di museum. Telur dinosaurus berbeda memiliki bentuk yang berbeda," ungkap Zhang.

 

4 dari 5 halaman

Sering ditemukan telur dinosaurus

Penemuan Zhang bagaimanapun, tidak terlalu mengejutkan bagi sebagian besar penduduk setempat. Kebetulan, daerah tersebut memang dikenal sebagai "rumah dinosaurus."

5 dari 5 halaman

Didirikan museum dinosaurus

Sejak 1996, dilaporkan lebih dari 17.000 telur dinosaurus ditemukan di kota itu. Sampai-sampai, sebuah museum dinosaurus didirikan untuk melestarikan temuan-temuan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.