Pereda Nyeri hingga Pertajam Pisau Blender, 8 Manfaat Beras yang Tak Diduga

Oleh Sulung Lahitani pada 22 Jul 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2019, 17:13 WIB
Beras

Liputan6.com, Jakarta - Beras atau nasi menjadi makanan pokok yang dominan ditemukan di Asia. Selain diolah menjadi nasi untuk dimakan, beras memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut beberapa manfaat beras tersebut seperti dilansir dari ehow.

1. Mengeringkan ponsel basah

Beras dapat digunakan untuk menghilangkan kelembaban yang meresap ke dalam peralatan elektronik seperti ponsel pintar dan jam tangan pintar. Caranya, keluarkan baterai dan kartu SIM. Selanjutnya, rendam ponsel dalam beras semalaman.

 

 

2 of 5

2. Membersihkan penggiling kopi

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Jika kopi Anda terasa tidak enak ketimbang biasanya, bisa saja bukan biji kopi penyebabnya. Penggiling kopi menyerap minya, yang seiring waktu akan membusuk dan merusak rasa gilingannya.

Beras adalah metode efektif dan murah untuk membersihkan serta menghilangkan bau pada penggiling kopi. Selain itu, beras dapat memoles dan mengasah pisau gilingannya.

Caranya, bersihkan penggiling kopi. Masukkan beras hingga setengahnya, lalu giling sampai halus.

3. Menyuburkan tanaman

Air beras penuh dengan nutrisi yang tak hanya bermanfaat bagi manusia tapi juga tanaman. Ini penuh dengan mineral seperti nitrogen, potasium, dan fosfor.

Air beras adalah pupuk alami bertepung yang akan merendam tanah dalam nutrisi dan menyuburkan tanaman hias dan bunga. Caranya cukup siram tanaman dengan air bekas beras yang telah direndam selama 30 menit.

3 of 5

4. Mematangkan buah

Trik Mematangkan Buah Alpukat Hanya Beberapa Menit
Tetapi di sisi lain saat membeli buah alpukat seringkali masih dalam kondisi yang mentah.

Sebagian besar buah yang tersedia secara komersial dipetik sebelum matang, sehingga buah akan tetap segar selama dibawa ke toko. Seringkali, buah tersebut tidak matang.

Menutupi buah mentah dengan beras akan memerangkap gas etilen yang dipancarkan buah muda, membuatnya matang lebih cepat. Caranya, rendam buah yang belum matang dengan beras dan biarkan matang selama 30-90 menit atau seharian.

4 of 5

5. Pembersih muka

Ilustrasi air beras (iStockphoto)
Ilustrasi air beras (iStockphoto)

Air beras adalah produk kecantikan kuno yang digunakan di banyak budaya Asia. Vitamin B1, C, dan E dalam air beras dapat menyegarkan dan melembabkan kulit Anda.

6. Pereda nyeri

Beras adalah konduktar panas yang sangat baik. Tak hanya mengangkut kehangatan tapi juga mempertahankannya. Karena tak mengandung lemak atau minyak, beras tak busuk dan dapat digunakan kembali.

Kedua sifat ini menjadikannya sebagai bahan pengisi ideal untuk bantal pemanas atau paket pendingin. Caranya, panaskan beras dalam microwave selama 45-60 detik atau sampai panas. Nantinya bungkusan tersebut dapat digunakan sebagai kompres pendingin setelah disimpan di kulkas.

 

 

 

5 of 5

7. Membersihkan botol atau vas

Ilustrasi vas bunga
Ilustrasi vas bunga (foto: shutterstock.com)

Sulit untuk membersihkan bagian dalam botol atau vas bunga, bahkan dengan sikat botol sekalipun. Dengan beras, Anda dapat membersihkannya dengan benar.

Tuangkan seperempat gelas beras ke dalam botol atau vas, serta sabun dan air. Selanjutnya kocok dengan kuat untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

8. Mempertajam pisau blender

Pisau blender akan tumpul setelah sering digunakan. Anda dapat mempertajamnya kembali dengan bantuan beras. Cukup blender setengah cangkir beras sampai halus selama sekitar 1-2 menit.

Lanjutkan Membaca ↓