5 Tips Ampuh Bersihkan Tempat Makan Plastik dari Noda dan Bau Membandel

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Jul 2019, 17:00 WIB
Bau Hingga Noda Membandel, Begini Cara Bersihkan Tempat Makan Berbahan Plastik

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sering menggunakan tempat atau alat makan berbahan plastik, terkadang membersihkannya adalah hal yang sulit. Bau dari beberapa makanan bisa tetap tercium meski telah dicuci bersih. Belum lagi jika ada noda yang sulit hilang atau warna makanan yang tetap menempel.

Ya, kita tentu ingin tempat makanan bersih setelah dicuci. Jika alat makan kotor, kotoran di makanan pun bisa ikut masuk ke tubuh kita. Belum lagi bekas bau yang dapat mengganggu nafsu makan kita.

Namun jangan khawatir, berikut ini telah penulis himpun beberapa cara membersihkan tempat makan berbahan plastik dikutip dari foodal.com dan Clean My Space.

2 of 6

1. Air hangat dan garam

[Bintang] Ramuan Alami untuk Sembuhkan Sariawan
Ilustrasi (Foto: aos.iacpublishinglabs.com)

Coba hilangkan noda ringan yang menempel pada tempat makan plastik Anda dengan air hangat dan garam. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring. Gosok tempat makan Anda menggunakan campuran air hangat itu. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggosoknya dengan sikat gigi.

3 of 6

2. Soda kue

20161205-manfaat rahasia soda kue-rumahcom-boy
Ilustrasi

Untuk noda membandel, coba mencucinya dengan campuran soda kue dan air, lalu gosoklah. Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada tempat makan plastik. Caranya, taburkan soda kue dan tunggu beberapa lama atau hingga seharian, lalu cuci dan bersihkan.

4 of 6

3. Lemon

20151102-Ilustrasi-Lemon
Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Gosokkan perasan air lemon ke tempat makan plastik dan biarkan selama 1-2 hari di bawah sinar matahari. Kombinasi lemon dengan sinar matahari dapat menghilangkan warna membandel seperti dari teh, kopi, atau tomat, dan bisa juga membunuh bakteri.

5 of 6

4. Hand sanitizer

Baca Ini Sebelum Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer
Baca Ini Sebelum Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer

Hand sanitizer mengandung alkohol sehingga bisa juga digunakan untuk membersihkan tempat makan berbahan plastik. Sebenarnya alkohol pun bisa Anda gunakan untuk membersihkan tempat berbahan plastik. Caranya, semprotkan atau oleskan hand sanitizer, gosok, cuci, bilas, dan keringkan.

6 of 6

5. Manfaatkan sinar matahari

Sinar matahari
Ilustrasi (Foto: pxhere.com)

Jika Anda tidak memiliki bahan-bahan di atas, coba jemur tempat makan berbahan plastik Anda. Meski akan lebih berpengaruh jika dijemur dengan disertai bahan seperti lemon, menjemurnya tanpa lemon pun bisa Anda coba. Sinar matahari ini bisa menghilangkan bau di tempat makan berbahan plastik.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓