Abadikan Momen, Ini 7 Tips Dapatkan Foto Keren di Pesawat

Oleh Liputan6dotcom pada 25 Jul 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2019, 09:13 WIB
Begini Tips Foto Jendela Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Momen dan pemandangan di ketinggian dalam pesawat mungkin jadi hal yang ingin kita abadikan. Foto selfie atau keindahaan pemandangan dari ketinggian tak jarang jadi andalan.

 

Belum lama ini, edaran larangan foto dan video di dalam pesawat maskapai Garuda Indonesia ramai diperbincangkan. Hal itu pun menuai reaksi warganet.

Namun setelah diklarifikasi, edaran itu merupakan edaran internal dan larangan itu diganti menjadi 'imbauan'. Mereka menyatakan itu salah satu upaya menjaga privasi.

Pencabutan larangan itu bisa membuat kamu yang hobi foto di pesawat senang ya. Kamu jadi tetap bisa ikut tren foto jendela pesawat. Dibandingkan memotret awak yang menganggu profesi, foto jendela pesawat pun bisa jadi alternatif untuk mengabadikan momen loh.

Nah, berikut beberapa tips foto melalui jendela pesawat yang bisa kamu coba.

2 dari 5 halaman

Posisi duduk dan kamera

Begini Tips Foto Jendela Pesawat
Ilustrasi (Sumber: unsplash copyright Killian Pham)

1. Pilih tempat duduk strategis

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu tentu perlu duduk di tempat strategis seperti di dekat jendela. Namun jika tidak mendapatkannya, kamu bisa mencoba mengambil sudut lain seperti memotret dengan tambahan gambar orang di dalammya. Tapi jika orang kamu potret tidak kamu kenal, jangan lupa untuk minta izin ya.

2. Atur posisi kamera

Kamu bisa memosisikan kamera sejajar dengan jendela dan mendekatkannya. Tapi jangan sampai menempel jendela. Namun posisi sejajar juga dapat menimbulkan bayangan pada jendela.Alternatifnya, kamu juga bisa mengambil dari sudut yang

3. Jangan tempelkan lensa atau kamera dengan kaca

Hal ini karena dapat membuat kamera ikut gerak atau shake yang hasilnya kurang kece.

3 dari 5 halaman

Atur kamera

Ilustrasi
Ilustrasi pesawat lepas landas. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

4. Gunakan manual fokus

Jika kamera atau handphone-mu memiliki fitur fokus manual, gunakanlah. Lalu kunci fokus yang diinginkan. Hal ini akan membantu kesulitan fokus dalam pesawat yang bergoncang.

5. Matikan flash

Flash yang nyala tentu akan menghasilkan pantulan yang akhirnya pemandangan di luar jendela tidak terlihat.

6. Pengaturan kamera

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan kamera. Coba gunakan aperture (bukaan) kecil seperti 1/8 agar tajam dan perhatikan kecepatan tangkapan kameranya (speed). 

7. Momen yang tepat

Waktu yang pas mengambil gambar adalah saat baru lepas landas. Ini akan membuat fotomu terlihat lebih bersih. Namun kamu juga perlu siap menunggu momen lainnya yang mungkin akan lebih bagus.

 

4 dari 5 halaman

Foto Ala-ala

Foto ala di pesawat
Sumber: twitter @WHermawan78 / Tiktok @johndoe9487

Jika kamu belum berkesempatan naik pesawat atau tidak dapat mendapatkan foto di jendela pesawat, kamu tetap bisa mendapatkan foto seperti foto-foto jendela pesawat juga loh.

Beberapa waktu lalu, warganet memberikan trik foto di jendela pesawat. Ada beberapa cara seperti menggunakan penutup toilet duduk, botol sabun, atau barang lainnya.

 

Foto ala di pesawat
Sumber: twitter @Muftyhatur02

Caranya, arahkan lubang toilet duduk atau alat lainnya ke langit atau ke gambar pesawat. Kamu bisa mencari gambar yang kamu inginkan. Setelah itu, foto atau video. 

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Lahir Saat Pemilik Reunian, Domba Lucu Ini Bernama Zoom