Sukses

10 Hal yang Dilakukan Warganet di Hari Pertama Sekolah, Kamu yang Mana?

Setelah libur panjang, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di hari pertama sekolah. Kalau warganet ngapain aja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 15 Juli 2019 menjadi hari pertama sekolah di Indonesia. Siswa jenjang sekolah dasar (SD/sederajat) hingga SMA/sederajat memulai hari pertamanya setelah libur sekolah.

Hari pertama sekolah menjadi salah satu momen penting bagi beberapa orang, apalagi jika pertama memasuki sekolah baru. Berbagai aktivitas pun dilakukan saat hari pertama sekolah.

Ramainya masa hari pertama sekolah pun ramai di media sosial seperti twitter. #HariPertamaSekolah pun menghiasi trending topic twiiter Indonesia.

Hashtag itu pun disertai twit berbagai kegiatan warganet saat hari pertama sekolah. Ada berbagai macam kegiatan, tergantung orang atau sekolahnya. Ini beberapa kegiatan yang dilakukan warganet saat momen ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Upacara setelah lama libur

Hari pertama sekolah yang jatuh di hari Senin membuat siswa pun melakukan upacara bendera. Sudah lama tidak upacara, kuat ya. 

3 dari 11 halaman

2. Perkenalan

Orang-orang baru dan lingkungan baru memang waktu yang tepat untuk berkenalan. Perkenalan dengan sesama siswa, dengan guru atau staf. Perkenalan di hari pertama sekolah pun bisa memakan waktu yang cukup lama loh.

4 dari 11 halaman

3. Baru masuk sekolah, langsung kuis

Apa yang kamu harapkan dari hari pertama sekolah? Meski umumnya dimulai perkenalan, tak jarang ada yang langsung belajar bahkan mengadakan kuis loh.

5 dari 11 halaman

4. Persiapan, nyari seragam dan nunggu

Setelah lama masa libur sekolah, persiapan jadi kegiatan utama di hari pertama sekolah. Beberapa perlengkapan sekolah mungkin ada yang hilang karena lupa menyimpannya. Selain seragam, menunggu yang antar atau teman berangkat juga kegiatan hari pertama sekolah nih.

 

6 dari 11 halaman

5. Pertemuan senior-junior

Hari pertama sekolah juga masanya siswa baru atau junior bertemu dengan siswa lama (senior). Tingkah junior dan senior pun dapat berbeda. Misalnya twit @DODY_PASCAL yang menggambarkan senior ketika di depan junior.

7 dari 11 halaman

6. Masa orientasi

Di beberapa sekolah, hari pertama sekolah juga hari saat masa orientasi (pengenalan) sekolah diadakan. 

8 dari 11 halaman

7. Tidur

Awal masuk sekolah mungkin masih penyesuaian ya dengan jam tidur saat libur. Meski ada yang sudah bersemangat, ada juga nih yang malah tidur saat hari pertama sekolah. Asal tetap belajar dengan benar saja ya.

9 dari 11 halaman

8. Nongkrong di Kantin

Ada hari pertama sudah nongkrong di kantin? Belajar-mengajar saat hari pertama sekolah di beberapa tempat memang belum kondusif. 

10 dari 11 halaman

9. Nostalgia

Bagi yang sudah lulus sekolah atau sekolah di tingkat yang lebih tinggi, hari pertama sekolah juga jadi momen nostalgia loh. Ada yang kegiatan pagi ini nostalgia saat sekolah juga?

11 dari 11 halaman

10. Mengantar anak

Kalau Anda bukan siswa, tapi orangtua, kegiatan Anda di hari pertama sekolah ini mungkin mengantar anak ke sekolah. Kegiatan ini juga dianjurkan oleh berbagai pihak, salah satunya pemerintah. Uniknya, di beberapa tempat, orangtua sampai memperjuangkan tempat duduk anaknya loh. 

 

Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat hari pertama sekolah ini. Hal yang pasti, hari pertama sekolah merupakan permulaan untuk kegiatan belajar-mengajar. Jadi, apa lagi kegiatan di hari pertama sekolah?

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.