Sukses

Bahaya Bagi Kesehatan, Hindari Simpan Ponsel di Tempat Ini

Berbahaya untuk handphone bahkan kesehatan, jangan simpan handphone di tempat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel atau smartphone memang telah menjadi barang yang melekat pada diri beberapa orang. Segelintir orang membawa ponsel ke mana pun dan kapan pun. Namun, tentu ada saatnya kita menyimpan ponsel.

Ada orang yang biasa menyimpannya dalam saku, tas, atau menjinjingnya. Saat beraktivitas, beberapa orang mungkin meninggalkannya di beberapa tempat seperti meja, mobil, atau kursi.

Namun, melansir Brightside, Jumat (12/7/2019), jangan simpan ponsel di tempat ini, khususnya dalam waktu yang lama. Hal itu dapat berbahaya untuk ponsel atau bahkan kesehatanmu.

Berikut deretan tempat yang tak dianjurkan untuk menyimpan ponsel.

1. Di tempat yang langsung terkena kulit

Beberapa orang mengatakan ponsel merupakan salah satu benda terkotor. Maka hindari bersentuhan langsung dengan kulit, khususnya kulit muka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan simpan di bawah bantal

 2. Di bawah bantal

Menyimpan ponsel di tempat ini memang dapat mempermudah mengakses ponsel ketika ada notifikasi atau ketika dibutuhkan. Namun, hal ini tidak baik lo.

Cahaya dari ponsel dapat mengganggu hormon tidur sehingga mengalami masalah tidur. Belum lagi radiasi yang ada di ponsel.

Mengisi daya baterai dan menyimpanya di bawah bantal juga akan memperparah keadaan. Panas yang ditimbulkan dapat menimbulkan kemungkinan meledak.

3. Di saku belakang celana

Kebiasaan menyimpan ponsel di saku belakang dapat membuat layar ponsel rusak. Padahal memperbaiki layar ponsel dapat memakan biaya mahal. Selain itu, kebiasaan ini pun dapat mempermudah kemungkinan ponsel dicuri lo.

Bagi kesehatan, hal ini pun diklaim dapat berdampak pada kesehatan seperti membuat punggung dan lutut sakit.

3 dari 4 halaman

Jangan simpan di tempat ini

4. Di saku depan

Saku depan pun bukan tempat yang tepat menyimpan ponsel, terutama laki-laki. Ini dapat berdampak pada kesehatan laki-laki. Riset The University of Exeter membuktikan menaruh ponsel di saku depan dapat berpengaruh pada kualitas sperma.

5. Di bra

Hal ini mungkin jarang terjadi, tapi jangan coba-coba melakukannya. Ini karena radiasi dari ponsel dapat berdampak pada kesehatan.

6. Di pinggul (pangkal paha)

Menyimpan ponsel di pinggul atau pangkal paha pun dapat berdampak pada kesehatan. Meski hal ini belum dapat dibuktikan, sebuah penelitian menunjukkan adanya perbedaan kesehatan antara kaki tempat ponsel disimpan dan kaki lainnya.

4 dari 4 halaman

Jangan di tempat dingin dan panas

7. Di tempat dingin

Jangan simpan ponsel di tempat yang dingin dalam waktu lama. Ini akan berdampak pada kerusakan gadget kamu. Untuk meminimalisir dampak pada ponsel, coba gunakan case saat di tempat dingin.

8. Di tempat panas

Di tempat bersuhu panas, ponsel akan ikut lebih panas. Hal ini akan memicu kerusakan bahkan hingga ponsel meledak. Jangan pula tinggalkan ponsel di mobil atau di pantai.

9. Di stroller bayi

Bagi para ibu, terkadang akan menyimpan ponsel di stroller bayi. Namun, menurut penelitian The Journal of Epidemiiology and Community Health, ponsel dapat berdampak pada kepribadian anak seperti hiperaktif.

Meski beberapa dampak ponsel pada kesehatan belum benar-benar tebukti, tak ada salahnya untuk menghindarinya, bukan?

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.