Pilu, Rusa Nara di Jepang Mati dengan Perut Berisi Sampah Plastik

Oleh Liputan6dotcom pada 13 Jul 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2019, 16:00 WIB
Rusa di Taman Nara Jepang Mati Akibat Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nara (Nara Kouen) atau Nara Park merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Jepang. Di sana, pengunjung dapat berinterasksi, berfoto, hingga memberi makan rusa. Namun, kabar tak menyenangkan hadir tahun ini.

Berdasarkan laporan The Washington Post yang dilansir World of Buzz, Sabtu (13/7/2019), sembilan rusa dikabarkan mati antara Maret hingga Juni 2019. Kematian ini akibat konsumsi kantong plastik.

Berdasarkan laporan yayasan yang memelihara rusa Nara, 9 dari 14 rusa yang mati di dalam perutnya terdapat plastik.

2 dari 5 halaman

Sampah plastik dalam perut rusa

Sampah di perut rusa
Sampah di perut rusa Nara Park/Sumber: twitter @nara_aigokai

Melalui Twitter @nara_aigokai dan blognya naradeer.com, yayasan yang memelihara rusa Nara mengunggah gambar 3,2 kg sampah plastik dalam perut rusa yang mati. Sampah yang begitu banyak tersebut tentu akan menyulitkan pencernaan rusa.

Rusa tersebut pun dikabarkan telah menunjukkan tanda kesehatan yang buruk. Rusa itu memiliki berat badan kurang dari 30 kg, padahal sebelumnya sekitar 40 kg.

Di taman tersebut, sebelumnya memang banyak yang membuang kantong plastik bekas makanan sembarangan. Tidak adanya temapat sampah di Taman Nara semakin memperparah keadaan. Sampah plastik yang memiliki bau makanan pun menarik perhatian rusa untuk memakannya.

3 dari 5 halaman

Rusa Sika

Rusa
Rusa/Sumber: twitter @nara_aigokai

Kejadian rusa mengonsumsi sampah plastik ini mungkin telah terjadi sejak lama. Hal ini menyedihkan karena rusa sika merupakan salah satu jenis langka.

Rusa sika merupakan satwa liar yang dapat tinggal di perkotaan berdampingan dengan manusia. Hal itu pun dapat membuat rusa ini mengonsumsi makanan yang bukan makanan aslinya.

4 dari 5 halaman

Aksi untuk rusa

Clean Up Nara Park
Sumber: twitter @nara_aigokai

Pasca kematian rusa di Taman Nara, aksi bersih-bersih pun dilakukan. Melalui Twitter @nara_aigokai, mereka mengumumkan aksi bersih-bersih tujuan wisata itu. Kegiatan itu dilaksanakan 10 Juli 2019 dari pukul 10.00-11.30 waktu setempat.

Aksi bersih-bersih itu pun menuai respons positif dari warganet. Misalnya twit @nori75085694, "Mari sedikit kurangi rusa yang menderita!"

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓