Sukses

Haru, Anak Badak Coba Bangunkan Ibunya yang Mati Dibunuh

Anak badak itu tampak berusaha mendorong ibunya yang ditembak mati oleh pemburu.

Liputan6.com, India - Sebuah video yang memperlihatkan seekor anak badak baru-baru ini tengah menjadi perbincangan viral pengguna jejaring sosial. Anak badak itu terlihat tengah berusaha membangunkan ibunya yang mati setelah dibunuh oleh pemburu liar.

Dalam video yang dibagikan petugas Dinas Kehutanan India Parveen Kaswan di Twitter, anak badak itu terlihat berusaha mendorong ibunya dengan harapan masih hidup.

"The picture of poaching!! A baby #rhino tries to wake #mother, who is killed by poachers for the #horn. Devastating & eye opening." "(Gambar perburuan !! Seorang bayi #hino mencoba membangunkan #ibunya, yang dibunuh oleh pemburu demi #horn. Menghancurkan & membuka mata," keterangan yang ditulis pada unggahan tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Badak Ingin Menyusu

Melansir World of Buzz, Sabtu (6/2019), seeorang pria yang merekam video itu mengatakan bahwa anak badak itu mencoba menyusu dari induknya dan membangunkannya.

"Saya tidak bisa mengerti ini. Ini sangat mengerikan untuk dilihat," kata pria itu.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut pun sontak ditanggapi beragam respons warganet. Mereka menganggap bahwa aksi para pemburu sangat kejam untuk melakukan kejahatan semacam itu.

Selain itu, warganet juga menyarankan agar kepolisian segera menangkap pemburu gelap tersebut untuk dihukum dan didenda.

"Tidak bisa membayangkan bagaimana badak kecil ini akan bertahan tanpa ibu. Siapa yang akan memberi makan dan melindunginya. Video semacam itu memaksa saya untuk berharap bahwa umat manusia harus lenyap dari muka bumi," komentar @UnofficiallyCS.

"Manusia lebih mengerikan daripada hewan. Semoga si pemburu menderita sakit yang sama dengan bayi badak!" sahut akun @Amitvikram.

"Hukuman tingkat tertinggi bagi setiap pemburu !!! Tidak manusiawi ini harus dibunuh dan diburu dengan cara yang sama seperti mereka berburu binatang malang ini," kata akun @Ankit_Patwa16.

Sementara akun berkomentar @JawwadAliKhan8, "Sangat sedih ... harap departemen Anda akan menemukan pemburu gelap dan akan dihukum sesuai hukum."

4 dari 4 halaman

Spesies Terancam Punah

Mengutip situs World Wild Life (WWF), badak dianggap terancam punah atau rentan (ini tergantung pada populasi spesies spesifik hewan itu).

Terlepas dari kenyataan bahwa badak India (satu-tanduk) telah meningkat jumlahnya karena pelestarian yang tepat, makhluk-makhluk ini tampaknya masih menderita karena mereka diburu untuk tanduk mereka. Jadi, kita harus melindungi hewan-hewan langka tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.