Sukses

Balap Lobster hingga Parade Mobil Golf, Uniknya Cara Warga AS Rayakan Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) atau 4th of July merupakan momen penting bagi warga AS. Ini beberapa perayaan pada tanggal 4 Juli di AS.

Liputan6.com, Jakarta Pada 4 Juli 1776, Deklarasi Kemerdekaan disahkan. Ini membuat Amerika Serikat (AS) dinyatakan merdeka dari Britania Raya. Oleh karena itu, tanggal 4 Juli menjadi tanggal yang penting bagi warga AS. Sejak saat itu juga, warga Amerika melakukan perayaan-perayaan untuk memperingatinya.

Salah satu perayaan terbesar yaitu perayaan kembang api. Perayaan ini telah dilakukan sejak 1777. Perayaan ini dilakukan berbagai tempat, baik di pusat kota maupun di kota-kota kecil.

Perayaan dengan kembang api ini gak murah. Melalui akun @atamerica, Kedubes AS menyatakan jumlah kembang api yang diimpor ke Amerika pada 2018 untuk merayakan hari kemerdekaan AS, sekitar $332 juta atau lebih dari Rp 4 triliun.

Ada hal unik juga dari perayaan kembang api ini. Saking ramai dan besarnya, tak jarang ada insiden hilangnya hewan perliharaan. Belum lagi suara kembang api yang dapat membuat takut beberapa hewan.

Oleh karena itu, hewan peliharaan menjadi hal yang orang-orang perhatikan. Misalnya cuitan @TheAnimatedBat "As you celebrate the 4th of July. Please remember to secure your pets. Thousand of animals run away every year due to fireworks. And please celebrate reponsibly. #4thofJuly"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara unik perayaan 4th of July

Selain perayaan kembang api, di Amerika juga ada perayaan unik lainnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan mereka. Ini beberapa di antaranya.

1. Balap Lobster di Bar Harbor Maine

Perayaan ini dilakukan di Bar Harbor Maine sejak 1978. Untuk merayakan kemerdekaan Amerika Serikat, warga setempat melihat lobster berjalan hingga ke garis finish.

2. Konser Willie Nelson di Austin

Sejak 1973 musisi Willie Nelson memulai konser di Austin untuk memperingati Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Willie Nelson's Fourth if July Picnic ini pun rutin penyanyi country ini laksanakan setiap tahun.

3. Catalina Island Parade Golf Cart

Di Catalina, perayaan 4th of July dilakukan dengan mengadakan parade mobil golf. Selain parade mobil golf, ada pula live music untuk lebih memeriahkannya.

3 dari 5 halaman

Perayaan unik lainnya

4. Seward's Mountain Marathon

Maraton juga menjadi salah satu perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat loh. Maraton ini dilaksanakan di Gunung Seward dengan ketinggian mencapai 3000 kaki. Maraton yang dilaksanakan sejak 1915 ini biasanya menempuh jarak 5 km.

5. State College, Pennsylvania

Tradisi perayaan kemerdekaan AS di universitas telah telah berlangsung sejak 1927. Di Pennsylvania, State College pun melangsungkan hal serupa. Central PA 4th Fest menjadi salah satu momen perayaan 4th of July.

Acara ini diisi berbagai agenda, misalnya kembang api dan parade. Selain itu, ada juga hal unik seperti penampilan aksi BMX dan menebang (lumberjack show).

4 dari 5 halaman

Parade militer ala Presiden Trump

Presiden Trump pun memiliki cara merayakan Hari Kemerdekaan negara yang dipimpinnya itu. Trump merencanakan pawai bertajuk "Sallute to America".

Di dalamnya akan ada parade militer di Washington DC. Dilansir dari Al Jazeera, Trump pun telah meminta tank Angkatan Darat AS dipamerkan. Selain itu, Trump juga memerintahkan adanya atraksi pesawat militer.

Tapi, perayaan ala Trump ini menuai kritik. Ada beberapa alasan. Salah satunya karena bisa memperburuk citra AS di mata negara lain dan anggapan citra otoriter. 

5 dari 5 halaman

Celebratory Gunfire yang dilarang

Selain cara perayaan yang unik, ada pula perayaan yang dilarang. Perayaan dengan senjata api (celebratory gunfire) ini telah diwanti-wanti oleh banyak pihak agar tidak dilakukan.

Dalam perayaan ini, senjata api ditembakkan ke udara. Meski ditembakkan ke udara, hal ini tetap berbahaya. Tahun 2017, akibat celebratory gunfire di Amerika, beberapa orang menjadi korban. Begitu pun saat 4 Juli 2013, seorang anak menjadi korban perayaan macam ini.

Selain di Amerika, celebratory gunfire pernah dilakukan juga di tempat lain. Misalnya di Afganistan dan Pakistan. Perayaan ini tak hanya dilakukan saat perayaan kemerdekaan, tapi juga saat tahun baru.

 

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.