Sukses

Ingin Panjang Umur? Ini 7 Rahasia untuk Kesehatan yang Sempurna

Bila kamu memang ingin hidup sehat dan bebas dari penyakit, ada aturan-aturan yang harus diikuti.

Liputan6.com, Jakarta - Arus informasi yang deras pada zaman serba canggih saat ini membuat kita amat mudah mendapatkan pengetahuan tentang tips hidup sehat. Ironisnya, manusia modern justru manusia yang paling tidak sehat sepanjang sejarah manusia.

Nah, bila kamu memang ingin hidup sehat dan bebas dari penyakit, ada aturan-aturan yang harus diikuti. Berikut 7 rahasia untuk kesehatan yang sempurna seperti dikutip dari hhdresearch.org.

1. Menghentikan kebiasaan buruk

Aturan pertama untuk menjalani kehidupan yang sehat adalah menghentikan semua kebiasaan buruk yang kamu peroleh selama tumbuh dewasa. Ini termasuk merokok, mengonsumsi alkohol terlalu banyak, makan makanan tidak sehat, dan kebiasaan buruk lainnya.

Ini mungkin terdengar mudah padahal tidak. Tubuhmu sudah terbiasa dengan zat-zat tersebut. Kamu akan mengidam dan mengalami beberapa efek samping seperti migrain saat belum berhenti sepenuhnya.

Kuncinya adalah berhenti perlahan. Mulailah dengan mengurangi konsumsi zat-zat ini secara teratur sampai benar-benar berhenti.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Menjauhi matahari tapi bukan matahari pagi

Paparan sinar UV terlalu sering amat berbahaya bagi kulit. Dalam waktu lama, tak hanya membunuh sel-sel kulit tapi juga meningkatkan kemungkinan kanker kulit.

Tapi jangan hindari sinar matahari pagi yang kaya vitamin D. Tubuh butuh asupan ini berapapun usiamu.

 

 

 

3 dari 6 halaman

3. Makan dengan benar

Sama seperti mobil yang butuh bahan bakar bersih agar mesinnya tetap awet, bahan bakar kotor akan menyebabkan komplikasi jangka panjang. Karena itu, biasakan makan makanan yang sehat.

Kurangi makanan cepat saji dan cobalah lebih banyak mengonsumsi makanan alami terutama organik. Kombinasi makanan cepat saji dan soda adalah penyumbang obesitas terbesar di dunia.

Hindari makanan tersebut dan mulailah makan sayur dan buah-buahan secara teratur.

4 dari 6 halaman

4. Tetap aktif

Lingkungan kerja modern adalah salah satu alasan utama semakin banyak orang menjalani kehidupan tak sehat. Rutinitas duduk di mobil, di kantor, di rumah kembali duduk menonton tv adalah gaya hidup yang sangat tidak sehat.

Tambahkan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam hari-harimu. Kamu bisa bergabung dengan pusat kebugaran, berjalan kaki untuk jarak yang tak terlalu jauh, berjalan di sekitar meja setelah duduk lebih dari dua jam, bersepeda, berenang secara teratur. Semua itu akan membantu menghilangkan kelebihan dan menjaga detak jantung tetap sehat.

5. Mengetahui riwayat kesehatan keluarga

Garis keturunan keluarga adalah salah satu kontributor terbesar untuk tahu kesehatanmu. Kamu perlu mencari tahu apakah ada kondisi medis yang diturunkan dalam keluarga seperti diabetes atau penyakit lainnya.

Beberapa kondisi seperti kanker, dapat diobati ketika masih dalam masa pertumbuhan. Dalam situasi di mana kondisi tersebut tak dapat diobati, Anda dapat diberitahu bagaimana mengendalikannya.

 

 

5 dari 6 halaman

6. Hidrasi

Mencukupi kebutuhan air oleh tubuh setiap hari juga salah satu elemen terpenting menuju gaya hidup sehat. Minum air secara teratur sepanjang hari.

Air menjaga ususmu sehat, tubuh terhidrasi, dan kulit sehat. Salah satu saran paling baik adalah minum air ketika bangun di pagi hari.

Ini karena saat tidur di malam hari, metabolisme tubuh menggunakan sebagian besar pasokan air dalam tubuh sehingga kamu harus menggantinya di pagi hari. Bahkan bila kamu tidak merasa haus sekalipun.

6 dari 6 halaman

7. Istirahat cukup

Dalam dunia kerja yang kompetitif, perlombaan berlangsung bagi semua orang. Kamu pun pasti ingin merasakan naik jabatan.

Akibatnya, kamu akan melakukan segala cara seperti lembur. Sementara di sisi lain, tidur adalah bagian penting dari penyembuhan dan pengisian ulang energi bagi tubuhmu.

Waktu tidur yang disarankan bagi orang dewasa adalah 6-8 jam. Pastikan cukup istirahat untuk mengisi kembali energimu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.