Rasakan Sakit di Telinga, Ternyata Cicak Hidup di Dalamnya

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Jul 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2019, 14:00 WIB
[Fimela] Telinga

Liputan6.com, Thailand - Seorang dokter di Bangkok, Thailand, baru-baru ini mengunggah pengalamannya yang tidak biasa di akun Facebook miliknya. Dr Varanya Nganthavee harus menangani seorang pasien yang mengeluh sakit telinga selama dua hari.

Melansir Oddity Central, Rabu (3/7/2019), dengan menggunakan otoskop untuk memeriksa saluran telinga, dokter berumur 25 tahun itu terkejut melihat sesuatu tak wajar ada di dalam telinga pasiennya.

Lalu ia menetaskan beberapa tetes antibiotik ke telinga pasiennya dan memintanya untuk memiringkan kepalanya ke sisi lain dengan harapan bahwa serangga apa pun yang merangkak di dalam akan keluar dengan sendirinya.

Sayangnya, itu tidak terjadi. Bahkan seorang perawat harus menggunakan pinset untuk menariknya keluar. Namun itu bukan serangga, tapi seekor cicak kecil atau dikenal Jing Jok di Thailand.

"Itu bukan hanya serangga kecil, itu adalah cicak. Itu masih hidup dan bergerak," keterangan yang ditulis Varanya.

 

2 dari 3 halaman

Dirujuk ke Spesialis THT

Rasakan Sakit di Telinga, Ternyata Cicak Hidup di Dalamnya
(Odditycentral.com)

Hingga kini Varanya masih bingung dan tidak pernah membayangkan bagaimana cicak bisa berada di dalam telinga selama dua hari.

"Ini adalah kasus terakhir saya hari ini. Saya sangat bingung bagaimana cicak bisa merangkak ke lubang telinga kecil," lanjut Varanya.

Dia menambahkan bahwa pengalaman tersebut akan selalu diingatnya karena itu adalah momen di hari pertamanya sebagai dokter di Rumah Sakit Rajavithi, Bangkok.

Setelah mengeluarkan seekor cicak dari telinga pasien, dokter muda itu meminta pasien memeriksakan kembali telinganya ke dokter spesialis THT untuk memastikan tidak ada bagian cicak yang patah di dalam telinga, yang akan menyebabkan infeksi.

3 dari 3 halaman

Kasus Serupa

Seorang pria dari Provinsi Jiangsu, Tiongkok pun pernah merasakan kasus serupa. Pria ini awalnya merasakan sesuatu terbang ke telinganya saat dia berjalan ke tempat kerjanya suatu pagi. Dia berencana untuk mengeluarkan sesuatu tersebut setelah tiba di kantor.

Siapa sangka, entah apa yang masuk ke telinganya, butuh waktu dua jam untuk mengeluarkannya. Itu pun masih terperangkap di telinga pria itu.

Karena tak tahan dengan rasa gatal dan sakit di telinganya, pria itu memutuskan untuk mengunjungi rumah sakit terdekat. Setelah berkonsultasi dengan dokter ahli THT, dipastikan bahwa yang masuk ke telinganya adalah laba-laba dan itu bahkan tengah membuat sarang di telinganya!

Laba-laba itu telah masuk terlalu jauh di dalam telinga. Ini yang membuat pria itu kepayahan mengeluarkannya.

Lanjutkan Membaca ↓