5 Tips Ini Tak Masuk Akal, Tapi Baik untuk Kesehatanmu

Oleh Sulung Lahitani pada 30 Jun 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Minum Air Putih

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa tips kesehatan yang masuk akal, seperti berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan minum lebih banyak air.

Di sisi lain, ada tips-tips kesehatan yang terdengar aneh dan bertentangan dengan pemahaman orang awam tapi efektif. Lima tips ini contohnya seperti dilansir dari hhdresearch.org.

1. Minum minuman panas agar terasa lebih dingin

Banyak dari kita beralih ke es kopi atau es teh di cuaca yang panas. Pemikiran kita adalah minuman dingin akan mendinginkan tubuh dari dalam ke luar.

Tapi bukan itu cara kerja tubuh manusia. Sebaliknya, minumlah minuman panas untuk memberi tahu tubuh bahwa Anda perlu berkeringat. Itulah mekanisme pertahanan tubuh yang sebenarnya terhadap overheating, agar Anda merasa lebih dingin.

2. Menulis tangan informasi biar ingat

Dewasa ini, cukup standar semua hal diketik di komputer atau ponsel. Tetapi, para peneliti dari Universitas Indiana telah menemukan bahwa Anda lebih mungkin untuk memproses dan menyimpan informasi jika Anda menuliskannya.

Meski mengetik lebih cepat, saat Anda menulis tangan Anda dipaksa untuk sedikit melambat, berpikir secara sadar untuk membentuk huruf-huruf, dan melihat langsung pada kata-kata saat ditulis. Ini semua membantu membentuk ingatan akan informasi tersebut.

 

2 of 3

3. Berhenti gunakan sabun antibakteri agar tetap sehat

20151021-Ilustrasi mencuci tangan
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Tak ada bukti bahwa menggunakan sabun antibakteri membuat kita lebih sehat. Bagaimanapun, beberapa jenis bakteri sangat penting bagi kesehatan manusia dan sabun sejenis itu tak dapat membedakan keduanya.

Plus, semua sabun sebenarnya efektif dalam membersihkan bakteri yang terakumulasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa paparan jangka panjang terhadap triclosan kimia, bahan utama dalam sabun antibakteri, dapat menimbulkan risiko kesehatan termasuk resistensi bakteri, dan gangguan hormon.

4. Jangan menyikat gigi setelah makan

Kita memang dianjurkan untuk membersihkan partikel makanan yang tersisa untuk melindungi gigi, tapi menyikatnya langsung setelah makan justru melemahkannya. Ini karena makanan, terutama yang bersifat asam seperti tomat, jeruk, kopi, teh, dan soda, akan melembutkan enamel gigi.

Menyikat gigi langsung setelah makan dapat mempercepat efek asam pada enamel dan mengikis lapisan dentin di bawahnya. Ini berujung pada masalah seperti sensitivitas, perubahan warna gigi, dan terkelupas atau retak.

Dokter gigi merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 30-60 menit setelah makan untuk menyikat gigi.

 

3 of 3

5. Minum kopi dulu untuk tidur siang lebih nyenyak

[Bintang] Ilustrasi Kopi
Selain hilangkan kantuk, minum kopi ternyata bisa menurunkan risiko terkena penyakit liver. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Sebuah studi di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 200 miligram kafein (1-2 cangkir kopi) sebelum berbaring untuk tidur siang, saat bangun tubuhnya merasa lebih segar ketimbang yang tidak.

Alasanya adalah karena tidur siang selama 20 menit beraktir tepat saat kafein mulai bekerja, membersihkan otak Anda dari adenosin kimia pemicu kelelahan.

Tidur siang memang mengurangi adenosin, tapi kafein meningkatkan efeknya sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak energi dengan tidur siang yang singkat. Tapi jangan dicoba saat akan tidur malam, ya.

Lanjutkan Membaca ↓