Sukses

Seniman Ini Buat Berbagai Pahatan di Ujung Pensil, Hasilnya Menakjubkan

Berbagai karya menakjubkan ini dibuat dengan bantuan mikroskop.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah ukiran biasanya dibuat di atas sebuah batu besar atau kayu. Bentuk dan ukurannya pun bisa beragam, mulai dari sangat kecil hingga besar.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh seniman satu ini. Ia membuat sebuah ukiran dengan ukuran kecil di ujung sebuah pensil. Seorang seniman dan pematung asal Rusia bernama Salavat Fidai inilah yang memiliki bakat unik tersebut. Ia membuat ukiran benda dengan memperhatikan setiap detail dari karyanya tersebut.

Berbagai karyanya pun telah menaklukkan hati banyak orang. Ia juga mengunggah berbagai karya di halaman akun media sosial Instagram miliknya, @salavat.fidai.

Karya-karya milik Fidai ini telah dipajang di Los Angeles, Sharjah, London, Singapura, Saint Petersburg, dan banyak lagi. Setiap orang yang mengunjungi pamerannya juga akan mendapatkan sebuah kaca pembesar agar bisa melihat karyanya dengan lebih jelas.

 

Ukuran dari miniatur buatannya berkisar antara 2 hingga 5 milimeter. Ia juga memiliki rumah studionya sendiri di Ufa City, Rusia. Fidai mengatakan bahwa ia harus mengontrol napasnya selama memahat ujung pensil. Ia pun membandingkan serangkaian proses tersebut dengan kegiatan meditasi.

Waktu pengerjaannya sendiri berkisar antara 8 hingga 12 jam. Namun, sering juga diperlukan beberapa hari untuk menyelesaikan sebuah pahatan. Harga rata-rata yang ia berikan untuk setiap karyanya yang telah jadi adalah sekitar $1.000. Berikut adalah beberapa potret cara pembuatan karya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut Adalah Beberapa Karya Salavat Lainnya

Salavat Fidai juga pernah membuat ukiran karakter dari serial Game of Thrones dan beberapa tiruan lainnya. Bagaimana, tertarik beli?

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.