Bukan Air Putih, 3 Minuman Ini Ampuh Hilangkan Pedas dalam Sekejap

Oleh Liputan6dotcom pada 23 Jun 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Makan Pedas

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu memakan makanan yang terlalu pedas hingga mulutmu terasa seperti terbakar? Bagi para pencinta rasa pedas, pasti sering merasakan hal ini.

Tak peduli seberapa sukanya kamu pada rasa pedas, pasti kamu pernah memakannya secara berlebihan. Jika sudah begitu, pasti kamu akan mencari air dingin atau bahkan es batu untuk meredakan rasa pedas.

Namun, ternyata meminum air tidak bisa membantumu sama sekali. Itu karena, rempah-rempah pedas dan saus mengandung zat mirip minyak yang tidak akan larut di dalam air. Itulah sebabnya meskipun telah meminum banyak air, rasa pedas tetap sulit dihilangkan. Untuk mengatasi rasa pedas pada mulut, cobalah untuk mengonsumsi beberapa minuman ini.

1. Susu

Metode yang paling terkenal untuk meredakan rasa pedas adalah dengan meminum segelas susu. Mengapa demikian?

Itu karena, makanan pedas mengandung suatu zat yang disebut capsaicin dan zat tersebut menempel di ujung sarafmu. Hal itulah yang memberi sinyal pada otak bahwa mulut seperti sedang "terbakar". Sedangkan, susu mengandung kasein yang bisa melekat pada zat capsaicin dan meredakan rasa pedas.

2 of 2

2. Yogurt

Ilustrasi yoghurt
Ilustrasi yoghurt (iStockphoto)​

Cara kerja yogurt hampir sama dengan susu, karena sama-sama bisa meredakan rasa pedas di mulut. Namun, akan lebih baik jika memakan yoghurt terlebih dahulu sebelum memakan makanan pedas.

Yogurt bisa menutupi bagian dalam mulut dengan "lapisan pelindung". Itu berarti, cabai atau makanan pedas lainnya, tidak akan memiliki kesempatan untuk "membakar" bagian mulutmu.

3. Teh

Selain susu dan yoghurt, teh juga bisa meredakan rasa pedas pada mulut. Mungkin terdengar sedikit aneh bahwa minuman panas bisa meredakan rasa pedas.

Namun, tentu saja kamu harus memastikan bahwa teh sedang berada pada suhu yang pas untuk bisa diminum. Setelah itu, cobalah untuk meminum teh saat merasa kepedasan, kamu akan merasakan khasiatnya sendiri.

4. Alternatif Lain

Selain produk minuman, ada juga produk lain yang dapat membantu meringankan rasa terbakar pada mulut. Cobalah untuk memakan roti, atau memakan sedikit nasi kering atau kerupuk udang. Makan tersebut akan membantu meredakan rasa terbakar yang terasa pada mulut. Selain itu, makanan tersebut akan membuat mulutmu menjadi lebih dingin.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓