8 Buah yang Paling Sehat Dikonsumsi, Mana Kesukaanmu?

Oleh Liputan6dotcom pada 23 Jun 2019, 08:00 WIB
Buah Segar

Liputan6.com, Jakarta - Tentu kamu sudah mengetahui bahwa buah-buahan merupakan asupan yang sangat sehat dan baik bagi tubuhmu. Setiap buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda dan bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Namun, tahukah kamu ada beberapa macam buah yang paling sehat dibandingkan dengan yang lainnya. Dilihat dari kandungan vitamin, serat, gula, kalori dan sebagainya.

Kamu bisa memakan dua macam buah dalam sehari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tentu saja dengan melihat jumlah gula dan karbohidrat yang ada di dalam buah.

Berikut merupakan beberapa pilihan buah yang paling sehat untuk dikonsumsi. Kamu pilih yang mana?

1. Jeruk

Meskipun memiliki jumlah kalori yang kecil, tetapi jeruk memiliki banyak kandungan vitamin. Satu buah jeruk dengan ukuran besar, mengandung rata-rata 61 kalori.

Kandungan di dalam jeruk dipenuhi oleh banyak vitamin dan mineral. Terutama vitamin B, vitamin C, dan kalsium.

2. Mangga

Di dalam satu buah mangga berukuran besar, terdapat rata-rata 135 kalori. Namun, harus diketahui juga seberapa sehat buah ini, mangga mengandung cukup banyak gula.

Itulah sebabnya kamu sebaiknya memakan buah ini secukupnya saja. Dengan memakan satu buah mangga berukuran besar, artinya kamu telah mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Hal tersebut merupakan keuntungan besar bagi tubuhmu.

3. Kiwi

Ukuran buah kiwi memang lebih kecil apabila dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Satu buah kiwi, mengandung rata-rata 46 kalori.

Meskipun ukurannya kecil, tetapi kiwi memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Jika kamu memiliki masalah dalam buang air besar, cobalah untuk memakan buah ini saat perut kosong sebelum sarapan.

2 of 2

4. Ceri

Ilustrasi ceri
Ilustrasi ceri (iStock)

Ceri bukan hanya buah yang lezat, tetapi ceri juga sangat sehat. Satu porsi ceri rata-rata mengandung 84 kalori.

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa ceri sangat baik untuk kesehatan jantung. Ditambah, mengonsumsi ceri secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker. Itu karena, buah ceri memiliki kandungan alkohol perillyl di dalamnya.

5. Jeruk Bali

Jeruk bali berukuran besar mengandung rata-rata 78 kalori. Buahnya yang lezat, penuh dengan kandungan vitamin C, B1, dan A, serta kaya akan kalium.

Dengan kandungan sebanyak itu, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi jeruk bali.

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan potasium yang sangat banyak. Potasium memainkan peran penting bagi aktivitas jantung dan otot.

Itulah mengapa mengonsumsi pisang sebelum atau sesudah berolahraga merupakan hal yang baik. Selain itu, pisang juga memiliki banyak kandungan baik selain kalium.

Pisang juga mengandung vitamin B3, B6, A, dan C, serta magnesium. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan fosfor, zat besi, triptofan, dan selenium.

7. Aprikot

Saat kamu memakan tiga buah aprikot, artinya kamu telah mengonsumsi rata-rata 51 kalori. Aprikot mengandung zat khusus yang dapat dikonversi menjadi vitamin A.

Jika kamu memakan tiga buah aprikot, kamu telah memenuhi 35% kebutuhan asupan vitamin harian yang direkomendasikan.

8. Apel

Satu buah apel memiliki kandungan rata-rata 80 kalori dan 3 gram serat. Buah apel yang matang, memiliki kandungan vitamin B1, B2, B6, C, dan E.

Selain itu, apel juga memiliki kandungan berbagai gula seperti dekstrosa, fruktosa, dan sakarosa. Tak hanya itu, apel juga mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Dengan berbagai kandungan tersebut, tidak ada alasan untuk tidak memakan buah ini!

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓