Patut Dicoba, 5 Cara Mudah Mencerahkan Warna Gigi

Oleh Liputan6dotcom pada 20 Jun 2019, 18:00 WIB
Gigi putih

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki warna gigi yang cerah bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Mereka tidak akan merasa ragu jika ingin tersenyum atau bahkan tertawa di depan umum.

Banyak orang mendambakan gigi putih yang menawan. Sebagai alternatifnya, berbagai cara pun akan dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut.

Salah satu cara yang sering dilakukan yakni dengan melakukan bleaching pada gigi. Cara tersebut biasanya dilakukan para selebritas agar tampil menarik di depan media.

Sayangnya, cara tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, tidak semua orang bisa melakukan cara tersebut. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada cara lain yang bisa membantumu untuk mencerahkan warna pada gigi.

Jangan takut, cara ini merupakan cara alami, sehingga kamu tidak perlu menggunakan produk pemutih gigi.

1. Menyikat Gigi

Cara ini tentu sangat umum, tetapi untuk mendapatkan gigi seputih mutiara, kamu harus rajin menyikat dan membersihkan gigi dengan benar. Kamu harus menyikat gigi secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dengan benar sebelum tidur. Itu karena, ketika tidur kamu hanya akan memproduksi sedikit air liur, dan air liur itulah yang akan membersihkan mulutmu dari sisa-sisa makanan.

Jika kamu melewatkan menyikat gigi di malam hari, secara tidak langsung kamu akan membiarkan bakteri berkembangbiak di dalam mulutmu. Tentu saja kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Selain itu, kamu juga harus secara rutin membilas mulutmu dengan obat kumur dan membersihkan karang gigi dengan rutin.

2. Menggunakan Cuka Apel

Mungkin ini tidak akan sama efektifnya dengan memutihkan gigi melalui tenaga profesional. Namun, cuka apel merupakan alternatif yang aman, alami, dan murah untuk dicoba.

Buatlah campuran yang terdiri dari 2/3 air dan 1/3 cuka apel. Gunakan campuran ini untuk berkumur sebanyak satu kali dalam sehari, usahakan untuk berkumur setidaknya selama satu menit.

Dengan pemakaian teratur, gigimu akan tampak lebih cerah setelah beberapa kali pemakaian.

2 of 2

3. Memakan Buah dan Sayuran Mentah

Sayuran hijau dan Buah
Sayuran hijau dan Buah (sumber: iStockphoto)

Buah dan sayuran tidak hanya baik untuk kesehatanmu, tetapi mereka juga baik untuk gigimu. Memakan apel, kacang-kacangan, dan kembang kol dapat menghilangkan noda dan plak pada gigi.

Selain itu, buah dan sayuran tersebut juga dapat mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Dengan berbagai manfaat tersebut, kamu bisa mulai menjadikan buah dan sayuran mentah sebagai menu camilanmu.

4. Menggunakan Stroberi

Stroberi mengandung asam malat yang dapat membantumu mencerahkan warna gigi. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memotong stroberi menjadi dua bagian dan gosokkan bagian dalam buah tersebut pada gigi.

Namun, asam ini tidak terlalu baik untuk enamel pada gigi, jadi pastikan utuk tidak melakukan cara ini degan terlalu sering.

5. Menggunakan Obat Kumur Alami

Kamu bisa menggunakan obat kumur alami untuk mencerahkan warna gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit garam dengan air.

Kamu bisa menggunakan campuran ini sebagai obat kumur untuk menghilangkan plak. Sama seperti penggunaan stroberi, kamu juga tidak bisa menggunakan campuran ini terlalu sering.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓